Peningkatan Layanan Konsumen dengan Aplikasi E-Marketing

Robby Mei Sandi

Abstract


Beberapa perusahaan dagang pada umumnya, khususnya retail belum memiliki media pemasaran elektronik secara sendiri. Beberapa perusahaan dagang hanya mengandalkan media yang ada. Hal tersebut membuat produk hanya dikenal pada wilayah perusahaan tersebut. Pelayanan yang diberikan hanya diberikan kepada pelanggan yang memiliki usaha retail saja. Berdasarkan permasalahan tersebutm maka pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah sistem berbasis web yang dapat mempermudah pemasaran produk, dan memberikan pelayanan berupa permintaan produk, serta transaksi pemesanan. Sistem yang dikembangkan, akan  dilengkapi fitur pemberian nilai hasil pelayanan. Bentuk pemberian nilai adalah dalam bentuk star rating untuk mengukur kepuasan pelanggan. Penerapan strategi e-marketing dirancangan  dengan menggunakan  UML  (Unifield  Modelling  Language), Usecase  Diagram,  Activity  Diagram,  bahasa  pemrograman  PHP  (Hypertext Preprocessor), MySQL sebagai database, menggunakan framework, serta prototype sebagai metode pengembang sistem. Penelitian  ini  menghasilkan  suatu  sistem yang dapat mempermudah mengenalkan produk secara online menggunakan web, dengan menggunakan web informasi yang disampaikan akan lebih mudah diakases tanpa harus terkendala oleh jarak dan waktu sehingga dapat memberikan pelayanan kekonsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dari hasil pengujian yang dilakukan menggunakan metode kuisioner didapat hasil sebesar 95,93 % sehingga kesimpulan dari hasil pengujian tersebut yaitu aplikasi sangat layak diterapkan.

Full Text:

PDF

References


Al-Fatta, H., 2007, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Alexander F. K. Sibero. 2011. Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta : Mediakom

Enterprise, J, 2014. MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hartono, Jogiyanto. 2014. Metode Penelitian Bisnis . Edisi Ke-6. Yogyakarta.Universitas Gadjah Mada.

Huda 2009. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Indrajani, Olivia, Megaria dan Christina, 2007, Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Marketing Pada Pt. Alpha Cipta Computind. ISSN: 1907-5022

Kotler, Kevin Lane, Philip & Gary Armstrong, 2018, Principles Of Makeiting. 17e Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Kevin Lane, Philip & Gary Armstrong, 2014, Printiple Of Makeiting. 15th Ediiton. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms. (2008), Panduan Lengkap Adobe Dreamweaver CS3, Andi Publisher, Madiun.

Mcleod, Raymond dan George Schell. 2012. Management Information System, 8th Edition, Prentice-Hall, New Jersey.

Milician. 2012. Dreamweaver CS3 Basic. USA: University Florida Penerbit Andi

Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Mohammed, Rafi A., et al. 2003. Internet Marketing Building Advantage In A Networked Economy, Second Edition. McGraw-Hill / Irwin, New York.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media

Purwanto, Sumbaryadi dan Sarmadi. 2018. E-Crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture. ISSN: 1978-1946

Rosa A.S, M. Shalahuddin, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorrientasi Objek, Bandung: Andi Offset.

Santi dan Putra. 2016. Rancang Bangun E-Marketing Ahass 05820 Cv.Mitra Tirto Agung Blitar Berbasis Web. ISSn : 1978-5232

Sari. 2014. Perancangan Dan Pengembangan Web Dengan Strategi E-Marketing Pada PT.Columbindo Perdana. ISSN: 1454-1946

Scoot Faranello, 2012, Balsamiq Wireframes Quickstart Guide.

STMIK, 2015, Petunjuk Penulisan Proposal. Bandarlampung. Teknokrat.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Suherdi.2016. Implementasi Uml & Use Case E – Marketing Promotion Campus ( Studi Kasus Pada Politeknik Ganesha Medan ). ISSN : 2541-1330

Suryanto, Pribadi dan Rahadini. 2012. Perancangan Dan Analisis Aplikasi E-Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. ISSN: 1936-8801

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Taufiq, Rahmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen, Konsep Dasar, Analisa Dan Metode Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Wijaya, 2011, Pengembangan Model Prediksi Kesuksesan Produk, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Industri, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Yakub 2012. Pengantar Sistem Informasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Sucipto, A., Hermawan. I., “Sistem Layanan Kesehatan Puskesmas Menggunakan Framework YII”. TeknoKompak, 11(2), p. 61. 2017.

Fitriyana, F. and Sucipto, A., “Sistem Informasi Penjualan oleh Sales Marketing Pada PT Erlangga Mahameru”. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), pp.105-110. 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v2i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.