ANALISIS PERFORMA LOAD BALANCER NGINX MENGGUNAKAN DOCKER PADA WEBSITE COMPANY PROFILE

Johansyah Johansyah

Abstract


Load balancer adalah komponen penting dalam arsitektur jaringan yang bertujuan untuk mendistribusikan lalu lintas (traffic) dari pengguna atau klien ke berbagai server backend dengan cara yang seimbang. Load balancer membantu menghindari overload pada satu server dan meningkatkan ketersediaan serta performa keseluruhan sistem. Salah satu jenis load balancer yang populer adalah Nginx, yang juga dapat dijalankan dalam kontainer Docker untuk mempermudah pengelolaan dan skalabilitas. Penelitian ini juga mengumpulkan beberapa refrensi dari beberapa literatur yang mendukung dengan analisis performa load balancer nginx menggunakan Docker pada website company profile. Literatur yang diambil dari laporan, jurnal nasional, jurnal internasional, makalah, tesis, video dari youtube, web resmi dan sumber lainnya dari internet. Kinerja load balancer sangat baik dalam membagi beban kerja atau beban lalu lintas terhadap beberapa server backend. Dapat dilihat bahwa kinerja yang dibagi oleh load balancer kepada beberapa server hampir mendekati sama dan hanya berselisih sedikit angka, oleh sebab itu dengan adanya load balancer maka website dapat menggunakan 2 atau lebih web server sehingga dapat lebih optimal dan dapat lebih menangani traffic yang cukup tinggi. Dari hasil pengujian latensi menggunakan 100 user, 250 user dan 500 user dalam 1 detik, didapat dari tiga percobaan yang dilakukan setiap pengujian, dengan menambahkan 1 web server tambahan (web service 3) dapat menambah beban dan melambatnya proses kinerja pengujian, yang mengakibatkan kurangnya kecepatan dan stabilitas kinerja di setiap usernya Peniliti selanjutnya diharapkan melakukan pengujian yang lebih besar dengan menggunakan spesifikasi server sesungguhnya seperti processor intel xeon dengan memberikan beban kerja yang lebih besar hingga jutaan user.

Kata Kunci: Load Balancer, Nginx, Docker, Web Service, user.

Full Text:

PDF

References


Adieb, M. (2022). Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Apa Saja yang Harus Ada..

Agustini, & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(3), 154–159. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/526

Destriawan, D. (2021). “Analisis dan Implementasi Performance Load Balancing Web Server pada Nginx menggunakan Docker.”

Dimas Setiawan Afis, Mahendra Data, W. Y. (2021). “Load Balancing Server Web Berdasarkan Jumlah Koneksi Klien Pada Docker Swarm.”

Febriana, R. M., & Jakarta, P. N. (2020). Implementasi Sistem Monitoring Menggunakan. July.

Hosting, J. (2017). Apa itu Load Balancing?Jenis, Cara Kerja & Kelebihannya D. Palik (Ed.), Handbook of Optical Constants of Solids II, 3rd ed., Academic Press, New York, p.151, 1991.

K, Y. (2019). Apa Itu Nginx dan Cara Kerjanya.

Mardi Nurzaman, F., Chahyadi, F., Radzi Rathomi, M., Teknik Informatika, J., Teknik, F., Maritim Raja Ali Haji, U., & Politeknik Senggarang, J. (2022). Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan Analisis Perbandingan Performa Load Balancer Nginx Dan Haproxy Pada Docker. 11(01), 16–25.

Raharja, A. D. . (2021). Docker adalah: Pengertian, cara kerja, dan 7 kegunaannya.

Ramadhika Dwi Poetra. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Santoso, I., Isnanto, R. R., & Chaerodin, A. (2008). Sistem Monitoring Suhu Berbasis Web Dengan Akuisisi Data. Transmisi, 10(2), 77–81.

Setiawan, R. (2021). Apa Itu Docker? Apa Kegunaan dan Kelebihannya.

Stefanus Eko Prasetyo, A. W. (2021). “Analisis Load Balancing Menggunakan Docker Swarm”.

Stefanus Eko Prasetyo, Y. salimin. (2021). “Analisis Perbandingan Performa Web Server Docker Swarm dengan Kubernetes Cluster.”

Wulandari, C., Oktaviary, S. R., Romadhoni, Y., & Yaqin, M. A. (2020). Survei Metrik Kompleksitas Database Relasional. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v2i1.91.

. Yogi. (2018). Pengertian jMeter Dan Contoh Performace Test Menggunakan jMeter.

https://en.wikipedia.org/wiki/Vegeta_(software).




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v4i2.3748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Johansyah Johansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.