PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID

Ardiansyah Harahap, Adi Sucipto, Jupriyadi Jupriyadi

Abstract


Perkembangan teknologi di bidang elektronika menuntut kalangan pelajar dan pengajar untuk dapat mengenali, mengetahui dan memahami komponen-komponen yang berhubungan dengan elektronika. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang symbol komponen elektronika berupa nama, fungsi dan gambar bentuk fisik sesuai dengan markerless yang telah diinput kedalam library Vuforia SDK. Penelitian ini mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai pengenalan  Komponen Elektronika dengan menggunakan beberapa tools seperti : MDLC, Unity, ARToolkit, dan Blender agar semakin mengenali pelajar tentang Komponen Elektronika. Penerapan Augmented Reality pada penelitian ini menggunakan metode Marker Based dan Monitor Based System. Aplikasi Augmented Reality Komponen Elektronika diuji menggunakan BlackBox dengan hasil lulus uji fungsional sistem 100% dan hasil pengujian usability menggunakan kuesioner Aspek learnability 4,47, efficiency 4,43, memorability 4,2, errors 4,5, dan satisfaction 4,52, aplikasi ini teruji dalam kategori “Baik”, Meskipun kendala terdapat pada kualitas kamera dan pencahayaan namun hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi ini menarik,dan layak untuk dikembangkan kembali, sehingga penerapan Augmented Reality di SMK Nusantara 1 Kotabumi merupakan langkah tepat guna mendukung konsep metode pembelajaran.

Kata Kunci: simbol, komponen  elektronika, Augmented Reality, Unity, Marker based


Full Text:

PDF

References


Amin, D., and Govilkar,S., “Comparative Study of Augmented Reality SDK’s”, International Journal on Computational Sciences & Applications (IJCSA), New Panvel,India. 2015.

Arif sudarjo. “Elektronika 1”. Yudistira, Surabaya. 2000

Azuma, Ronald T. “A Survey of Augmented Reality, Presence”, vol 6, 355 – 385. 1997.

Chowanda Andry, Bayu kanigoro. “Pengaturan Tata Letak Perabotan Rumah Tangga Dengan Augmented Reality”, jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, BINUS University, Jakarta. 2011.

Gayeski, D.M., “Multimedia for Learning: Development, Application, Evaluation”. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications. 1993.

Huda Ahmad A. “Perancangan Augmented Reality Jenis-Jenis Hewan Sebagai Media Pembelajaran Anak TK Aba Kreaga”, Jurusan Teknik Informatika, Teknik Informatika STMIK Amikom Yogyakarta, Yogyakarta. 2015.

Irmayana Andi, Ahyana. “Aplikasi Pengenalan Simbol Komponen Elektronika Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”, Jurusan Teknik Informatika, STMIK DIPANEGARA Makassar, Makassar. 2015.

Rahadi, D.R, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire pada Aplikasi Android”, Jurnal Sistem Informasi, vol 661-671 Universitas Bina Darma Palembang. 2014.

Rifa’il M., L Tri., dan Anastasya Latubessy. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Catalog Rumah Berbasis Android”, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus. 2014.

Roedavan,R., Unity Turtorial Game Engine, Informatika, Bandung. 2016.

Rosa, A., dan Shalahuddin, M. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Bandung, Informatika Bandung. 2013.

Adrian, QJ., Ambarwari, A., Lubis, M. “Perancangan Buku Elektronik Pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Simetris. Vol. 11, No.1, 2020, 171-175. 2020..

Wibawanto Hari. 2013. Elektronika Dasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zaki Ali, Edy Winarno, SmitDev Community. 2016. Animasi Karakter dengan Blender dan Unity, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zulkarnais, A., Prasetyawan. P., Sucipto. A.,. “Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android”. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), p. 96. 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.