MONITORING TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGIDERAAN JAUH DI KABUPATEN SITUBONDO

Dina Tri Septiningtiyas

Abstract


Dalam setiap kurun waktu terjadi perubahan tutupan lahan. Perubahan tersebut terjadi karena adanya pertumbuhan penduduk. Kabupaten Situbondo merupakan salah satu kabpaten di Jawa Timur yang memilki laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,61 pada Tuhun 2001- 2015. Bertambahnya jumlah penduduk menyebabakan kebutuhan akan lahan pemukiman, industri, sarana dan prasarana dalam menunjang kehidupan juga semakin meningkat. Hal tersebut menimbulkan banyak lahan yang berubah fungsi. Untuk memonitoring tutupan lahan di Kabupaten Situbodno digunakan pemanfaatan penginderaan jauh yang dapat menjaungkau daerah yang luas. Data citra yang digunakan yaitu data citra Landsat tahun 2001, 2003, dan 2014. Dari hasil kalisfikasi tak terselia dengan tutupan lahan yang terbagi menjadi 6 bentuk tutupan lahan yaitu sawah, hutan, pemukiman, tanah kosong, badan air, dan industri diperoleh luas pemukiman juga berubah dari sebesar 13903,22 ha pada tahun 2001 menjadi 18150,12 ha pada tahun 2014.


Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabuparen Situbondo. 2003. Pemetaan Zona Arkeologi Kabupaten Situbondo Untuk Penembangan Wilayah Berbasis Komoditas Pertanian Unggulan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabuparen Situbondo. Situbondo.

Badan pusat Statistik Kabupaten Situboondo. 2016. Situbondo Dalam Angka Situbondo in Figures 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Situbondo. Situbondo.

Nirmalakawuri, R. (2005). Studi Perubahan Pemanfaatan Lahan dari Perumahan ke Komersial Ditinjau dari Aspek Fisik dan Lingkungan. Tugas Akhir Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota. Universitas Brawijaya. Malang

.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v2i01.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Tri Septiningtiyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.