EVALUASI KELAYAKAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH TPA SARIMUKTI KOTA BANDUNG

Hendri Gustian, Arlina Phelia

Abstract


Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting sistem pengelolaan dan pengangkutan sampah di TPA Sarimukti dan menganalisis ekonomi finansial pengangkutan sampah di Kota Bandung. Tingginya aktifitas dan jumlah penduduk di kota-kota metropolitan seperti Kota Bandung mengakibatkan munculnya persoalan dalam pelayanan prasarana perkotaan dan hanya 60% sampah yang ada di kota-kota besar terangkut ke TPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap yakni observasi lapangan, pengumpulan data, dan analisis kondisi eksisting TPS Pacuan Kuda dan TPA Sarimukti serta analisis kelayakan ekonomi yang mampu memberikan usulan skenario biaya pengumpulan dan pengangkutan sampah ke TPA. Hasil penelitian didapatkan nilai THCS 5,72 jam/rit untuk 1 kali ritasi dari TPS Pacuan Kuda dan total jumlah ritasi per hari dengan jam kerja 14 jam/hari dilakukan 2 ritasi dengan pelayanan 2 TPS yang berbeda. Secara ekonomi sistem pengumpulan dan pengangkutan dibuktikan dengan peningkatan alat angkut serta investasi selama 10 tahun. Nilai NPV yang dihasilkan dari investasi serta operasional dan pemeliharaan biaya manfaat B/C ratio 1,11. Hal ini menunjukkan nilai lebih dari 0 (NPV > 0), sehingga proyek atau kegiatan layak untuk dijalankan dengan usulan biaya pengumpulan dan pengangkutan sampah ke TPA sebesar Rp. 242.000,-/ton sampah

Full Text:

PDF Remote

References


Alfian, Rian, and Arlina Phelia. "Evaluasi Efektifitas Sistem Pengangkutan Dan Pengelolaan Sampah Di TPA Sarimukti Kota Bandung." JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering) 2.01 (2021): 16-22.

Damanhuri, Enri, dan Tri Padmi. 2010. Diktat Kuliah Pengelolaan Sampah. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Iman, Halwatul, and Iwan Kustiwan. "Keberlanjutan Pengelolaan Sampah Berbasis masyarakat di Kelurahan Tamansarri Kota Bandung." Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota B SAPPK V2N2 (2012): 283-290.

Irsyad, Fadli, and Delvi Yanti. "Evaluasi Tekno-Ekonomi Pemanfaatan Biogas Skala Rumah Tangga Sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan." Jurnal Teknologi Pertanian Andalas 20.2 (2016): 73-79.

Namara, Idi, and Septyan Roy Sahey Tofi. "Studi Kelayakan Ekonomi Proyek Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Di Palabuhanratu Sukabumi." Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil 1.2 (2017): 101-106.

Saputra, Moh. TA: Kelayakan Pengembangan TPA Sarimukti Sebagai Kawasan Industri Sampah (KIS) (Berdasarkan Aspek Ekonomi). Diss. Institut Teknologi Nasional Bandung, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i02.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendri Gustian, Arlina Phelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.