SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA KONVEKSI SJM BANDAR LAMPUNG

Ratna Sari, Fikry Hamidy, Suaidah Suaidah

Abstract


Konveksi SJM adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan pakaian jadi yang beralamatkan dijalan Biora gg. Ulangan Bandar Lampung. Dalam proses pencatatannya perhitungan harga pokok produksi masih dilakukan secara manual dengan mencatatnya dibuku. Pencatatan meliputi biaya-biaya yang digunakan untuk memproduksi suatu produk yakni biaya bahan baku, biaya overhead pabrik, biaya tenaga kerja. Dalam proses pencatatan tersebut mengalami kesulitan untuk menentukan harga pokok produksi dan besar biaya yang harus dikeluarkan dalam melakukan produksi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada penelitian ini akan dikembangkan sistem menggunakan program aplikasi Java dan Database MySQL sebagai databasenya dengan alat pengembangan sistem berupa UML(Unified Modelling Language), Use Case Diagram, Activity Diagram dengan metode Prototype sebagai metode pengembangannya. Melalui sistem yang dikembangkan inidiharapkan akan mempermudah dalam perhitungan harga pokok produksi dan proses penyajian laporan harga pokok produksi. Aplikasi yang dibangun dapat mengelola data produk terkait perhitungan harga pokok produksi. serta menyediakan fitur cetak laporan harga pokok produksi, untuk melihat lebih detail jumlah biaya yang diperlukan. Sistem Informasi Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Konveksi SJM ini dapat diterapkan dan dikembangkan lebih baik lagi kedepannya. Agar tidak terjadi kerusakan baik software maupun hardware, system ini perlu dilakukan perawatan secara berkala.

Kata Kunci: Konveksi SJM, Perhitungan Harga Pokok Produksi, Prototype,UML


Full Text:

PDF

References


Yusmaida, Neneng Dan A. Ambarwari, “Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 68-74 , 2020.

M. I. Suri Dan A. S. Puspaningrum, “Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 8-14, 2020.

D. Darwis, D. Wahyuni Dan D. Dartono, “Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Dana Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest Pada Pt Sinar Sosro Bandar Lampung,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 1, Pp. 15-21, 2020.

Damayanti Dan H. Sulistiani, “Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Pada Sd Ar-Raudah Bandar Lampung,” Jurnal Tekno Kompak, Vol. 11, No. 2, Pp. 25-29, 2017.

N. Ningsih, A. F. O. Pasaribu, Wahyudi Dan I. Puspasari, “Sistem Pengendalian Internal Pengelolaan Dan Permintaan Barang Habis Pakai Pada Balai Pemantapan Kawasan Wilayah Xx Hutan Bandar Lampung,” Jurnal Tekno Kompak, Vol. 11, No. 2, Pp. 45-49, 2017.

R. A. Supriyono, Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Bpfe, 2011.

W. K. Carter, Cost Accounting: Akuntansi Biaya, Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Rudianto, Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis, Jakarta: Erlangga, 2013.

D. Darwis Dan T. Yusiana, “Penggunaan Metode Analisis Historis Untuk Menentukan Anggaran Produksi,” Expert – Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, Vol. 6, No. 2, Pp. 42-51, 2016.

Damayanti Dan M. Hernandez, “Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Kpri Andan Jejama Kabupaten Pesawaran,” Jurnal Tekno Kompak, Vol. 12, No. 2, Pp. 57-61, 2018.

D. Darwis, F. D. Apriyanti Dan E. R. Susanto, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Operasional Perusahaan (Study Kasus : Pt Sari Segar Husada),” Jurnal Teknokompak, Vol. 13, No. 1, Pp. 1-6, 2019.

D. A. Megawaty Dan M. E. Putra, “Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), Vol. 1, No. 1, Pp. 65-74, 2020.

Alfiah Dan Damayanti, “Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 1, Pp. 111-117, 2020.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi Dan G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 5, No. 2, Pp. 297-307, 2020.

Damayanti, H. Sulistiani Dan E. F. G. S. Umpu, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa Pada Sd Ar-Raudah Bandarlampung,” Jurnal Teknologi Dan Informasi (Jati), Vol. 11, No. 1, Pp. 40-50, 2021.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti Dan A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 2, Pp. 64-70, 2020.

A. T. Prastowo, D. Darwis Dan N. B. Pamungkas, “Aplikasi Web Pemetaan Wilayah Kelayakan Tanam Jagung Berdasarkan Hasil Panen Di Kabupaten Lampung Selatan,” Jurnal Komputasi, Vol. 8, No. 1, Pp. 21-29, 2020.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita Dan Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri),” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti), Vol. 5, No. 1, Pp. 328-336, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ratna Sari, Fikry Hamidy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.