E-DELIVERY MAKANAN BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : OKONOMIX KEDATON BANDAR LAMPUNG)

Ni Komang Ratih Kumala, Ajeng Savitri Puspaningrum, Setiawansyah Setiawansyah

Abstract


Kedai Okonomix adalah suatu usaha yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman. Kedai Okonomix sudah sistem delivery melalui Gofood hanya saja pada saat perekapan kas bulanan untuk bagi hasil sering terjadi perubahan harga yang merugikan toko. Dan saat ini masih menggunakan cara manual untuk pemesanan makanan dan  minuman  dimana pelanggan datang ke kasir untuk memesan makanan dan minuman. Ada juga pelanggan yang langsung memilih makanan yang disediakan sebelum ke kasir untuk dicatat berapa total transaksi sebelum diolah pada bagian dapur. Kedai  Okonomix yang memiliki pengunjung relatif ramai dihari libur seperti tanggal merah dan hari sabtu minggu, apalagi disaaat adanya acara atau event di mall yang sedang berlangsung akan banyak berdatangan pengunjung, pelayanan akan terlihat buruk jika semua pelayan sibuk melayani dan membuat pelanggan yang baru datang merasa terabaikan. Solusi permasalahan yang ada maka dibuatkan diharapkan media pemesanan dalam bentuk mobile aplikasi dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan-kekurangan dan mampu untuk menengahi baik proses pemesanan maupun pengiriman produk. Metode yang digunakan adalah prototype dan pengujian sistem menggunakan Black Box Testing. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan black box dengan melibatkan 4 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak dengan secor 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian yang dihasilkan secara keseluruhan mempunyai skala “Sangat Baik”.


Full Text:

PDF

References


Kotler and Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2016.

Sumarno, Bussines Research Methods. New York: Edisi Sepuluh, 2015.

P. A. J. Kusuma, I. K. A. Purnawan, and N. M. I. M. Mandenni, “Aplikasi Sistem Informasi Hotel Berbasis Android,” MERPATI, vol. 3, no. 1, pp. 16–22, 2015.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis. Jakarta: Elex Media, 2012.

B. Yuwono, A. S. Aribowo, F. A. Setyawan, and P. T. Informatika, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS ANDROID,” Semin. Nas. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 68–74, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni Komang Ratih Kumala, Ajeng Savitri Puspaningrum, Setiawansyah Setiawansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.