SISTEM PENGOLAHAN DATA PENILAIAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PIECIES

aan setiawan, Donaya Pasha

Abstract


Proses pengolahan data penilaian diklat prajabatan yang diterapka oleh BPSDM Provinsi Lampung masih menggunakan prosedur konvensional, meskipun cukup baik namun dirasa proses pengolahan data penilaian diklat prajabatan masih kurang efektif, dikarenakan data penilaian masih terpisah setiap indikatornya, kesulitan dalam mengakumulasi nilai, lambatnya pemberitahuan informasi kelusan, terjadinya keterlambatan dalam pembuatan laporan.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap sistem pengolahan data penilaian diklat prajabatan menggunakan pendekatan pada pemahaman tentang apa yang pengguna butuhkan, apa yang pengguna nilai, kemampuan pengguna, dan keterbatasan pengguna. Penerapan aplikasi pengolahan data penilaian dikembangkan menggunakan metode waterfall berdasarkan prosedur yang ada dan ditunjang berdasarkan analisis kebutuhan dengan menggunakan metode PIECES. Proses pembuatan sistem menggunakan HTML (HyperText Markup Language) untuk membuat user interface dan framework codeigniter untuk membuat prosedur ataupun algoritma dalam sistem pengolahan data penilaian. Pengujian pengembang sitem menggunakan standar ISO/IEC 25010 (quality in use) untuk mengevaluasi kualitas perangkat lunak. Pengujian yang dilakuakan berfokus pada karakteritik functional suitability, performance efficiency dan operability.

Pada kriteria functional suitability pegujian dilakukan pada setiap fungsi aplikasi dengan melakukan inputan pada setiap fungsinya. Dari hasil pengujian tersebut mendapat hasil bahwa aplikasi mampu mengerjakan inputan yang dilakukan dan menghasilkan keluaran sesuai dengan yang dibutuhkan, maka aplikasi memenuhi kelayakan pengujian functional suitability sesuai dengan standar ISO 25010. Pada kriteria performance efficiency pengujian dilakukan dengan cara mengoprasikan aplikasi yang dilaukan oleh pengguna secara langsung dan pengguna memberikan penilaian melalui kuisioner terhadap aplikasi sesuai dengan pengalaman pengguna. Setiap pertanyaan pada kuisioner memiliki sekor dalam bentuk persentase yaitu : pertanyaan 1, 2, 3 memiliki skor 90%, 93%, 92% dan pertanyaan 4, 5, 6, 7 memiliki skor 91%, 93%, 91%, 89% makan aplikasi dinyatakan layak untuk gunakan. Pada kriteria operability pengujian dilakukan dengan cara menjlankan aplikasi pada dua browser seperti mozilla firefox dan google chrome. Dari hasil pengujian tersebut mendapat hasil bahwa aplikasi mampu beroprasi dengan baik ketika dijalankan pada browser, tidak mengalami crash maupun error, maka aplikasi dinyatakan berhasil melawati pengujian dan layak untuk di gunakan.


Full Text:

PDF

References


Rahmatiah, 2018, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pengurus PGRI Kabupaten Parigi Moutong Dan Gunung Kidul, Universitas Indraprasta PGRI.

Meinarini Catur Utami, Alviatussaadah, 2015, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT)DPR RI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muh. Ednan Fajri Gunadi, Satrio Agung Wicaksono, Fajar Pradana, 2018, Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus: LPMP Sulawesi Tenggara), Universitas Brawijaya.

Nurjamiyah, Arie Rafika Dewi, 2018, Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi STTH-Medan, Universitas Harapan Medan.

Nugroho, Bunafit. 2005. Database Relasional Dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Rahayuda, I. G. S. (2017) ‘Evaluation of Laravel Framework on E-government Using ISO/IEC 25010:2011’, Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), 19(1), pp. 81–94.

Rosa A.S – M.Shalahuddin. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berrorientasi Objek), Modula, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 aan setiawan, Donaya Pasha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.