PENGUKURAN KUALITAS SISTEM INFORMASI KASIR TERHADAP LAYANAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CRISP-DM VARIABEL SERVQUAL (STUDI KASUS: STUDIO FOTO ARCHA)

Danang Wibisono

Abstract


Studio Foto Archa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa studio foto dan cetak foto yang beralamatkan di Jl. Endro Suratmin, No.27, Sukarame, Kota Bandar Lampung. Berdasarkan observasi yang telah di lakukan, Studio Foto Archa saat ini telah menerapkan sistem informasi kasir dalam bisnisnya, akan tetapi pengguna belum mengetahui seberapa baik kualitas layanan dari sistem informasi kasir ini. Oleh karena itu pengukuran kualitas layanan sistem informasi dibutuhkan untuk mengetahui apakah layanan sistem informasi yang digunakan sudah berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode CRISP-DM dengan menggunakan 5 variabel Servqual yaitu tangibles, relialibility, responsiveness, assurance dan empathy. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan sistem sistem informasi kasir studio foto archa belum berkualitas menurut sampel dengan tingkat pendidikan S1 dan S2, karena terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara tingkat pendidikan S1 dan S2 terhadap kualitas layanan sistem informasi, dan hasil perhitungan Servqual diperoleh hasil Gap terbesar ada pada variabel Responsiveness dengan Gap -6,38 dan variabel Empathy dengan Gap -6.24, sedangkan variabel dengan Gap terkecil ada pada variabel Relialibility dengan Gap -2,86.


Full Text:

PDF

References


Setiawan, Daryanto. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya.” SIMBOLIKA, Vol. 4. ISSN 2442-9996 (2018): 62-72.

Diaraya. “Desain Flowchart Pemrosesan Transaksi Perusahaan Pada Sistem Informasi Akuntasi Berbasis Komputer.” JMSK, Vol. 13. ISBN:1858-1382 (2017): 141-146.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and L. Berry. "SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality." 1988 64.1 (1988): 12-40.

Marakas, M., G., & O’Brien, A., J. (2017). Pengantar Sistem Informasi Edisi 16 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Feblian, D., & Daihani, D. U. “IMPLEMENTASI MODEL CRISP-DM UNTUK MENENTUKAN SALES PIPELINE PADA PT X.” Jurnal Teknik Industri. ISSN: 1411-6340 (2016): 1-12.

Budiaji, Weksi. “SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT.” Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. Vol. 2, No. 2. ISSN 2302-6308 (2013): 127-133.

Hair, J.F. Jr., Black, W.C., Babin B.J., Anderson, R.E. and Tatham, R.L. (2008). Multivariate Data Analysis, 6th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.Kaihatu, T. S. (2006). Good corporate governance dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.2244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danang Wibisono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.