PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EPERINCE (UX) SISTEM PENGADUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Yeyen Dwi Guntasir, Adi Sucipto

Abstract


Dinas Lingkungan Hidup memiliki tugas pokok dan fungsi yang berkenaan dengan Bidang Persampahan, Bidang Kehutanan, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan serta Bidang Penataan Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup, dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya tentunya ditemukan beberapa masalah yang menyebabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tidak optimal, berdasarkan wawancara dari beberapa masyarakat permasalahan yang terjadi yaitu masalah persampah lamban untuk ditangani karna pengaduan mereka yang tidak lambat untuk tersampaikan karna belum adanya sistem untuk mengelola pengaduan masyarakat.Penelitian ini sebagai usulan dalam merancang user interface dengan metode UCD (User Centered Design) yang nantinya bisa dijadikan bahan dalam membuat sebuah sistem pencemaran lingkungan dinas lingkungan hidup, perancangan ini didasarkan pada kebutuhan dari masing-masing user yaitu pihak masyarakat dan pihak dinas lingkungan hidup.Prototype ini sudah diujikan menggunakan metode SUS, berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan metode SUS (System Usability Scale) didapatlah hasil pengujian sebesar 70,5 dan mendapat grade good, yang artinya desain yang di buat layak dan dapat diterima karna berada di atas rata-rata yaitu 68.

 

Kata Kunci: User Interface, User Experience, User Centerd Design, Sistem Usability Scale


Full Text:

PDF

References


Aniesiyah, N. et al. (2018) ‘Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human- Centered Design’, Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), p. 172.

Arsana, M. (2020) ‘Apa dan Mengapa: User Journey Mapping’. Available at: https://definite.co.id/blogs/apa-dan- mengapa-user-journey-mapping1/.

Auliyaa, T. N. (2020) Memahami User Flow pada UX Design. Available at: https://sis.binus.ac.id/2020/04/14/memahami-user-flow-pada-ux-design/ (Accessed:20 February 2022).

Awabin, salma (2020) ‘Wireframe Website: Pengertian dan Cara Membuatnya’. Available at:

https://www.niagahoster.co.id/blog/pengerti an-wireframe/.

Ayu (2019) ‘Pengertian manusia tempat dan lingkungan’. Available at: https://brainly.co.id/tugas/23248975.

Ferdiansyah, A. (2017) ‘Aplikasi Monitoring Persediaan Bahan Baku Berbasis Web Pada Pt. Sumber Central Teknik’. Available

at: https://widuri.raharja.info/index.php?title= TA1331376614.

Kognisi, P. K. et al. (2021) ‘Analisis Dan Perancangan Ui/Ux Dengan Metode User Centered Design Pada Website Dlu Ferry’, Industry and Higher Education, 3(1), pp. 1689–1699. Available at: http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/a rticle/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/ handle/123456789/1288.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i3.1966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yeyen Dwi Guntasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.