Sistem Customer Relationship Management Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Dealer Yamaha Yukum Jaya)

Aulia Gustika, Muhammad Najib Dwi Satria, Muhtad Fadly

Abstract


Abstrak

Perusahaan Dealer Yamaha Yukum Jaya yang berlokasi di daerah Lampung Tengah. Perusahaan tersebut telah berdiri sejak tahun 2017 dan telah menjadi salah satu dealer yang memiliki pelayan baik kepada pelangganya. Berdasarkan hasil observasi dan data yang telah dikumpulkan pada perusahaan tersebut, dirasa masih belum secara optimal menerapkan strategi untuk mempertahankan pelanggan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Infomasi ketersediaan sparepart saat ini hanya diketahui oleh perusahaan saja, hal ini dirasa kurang efektif dimana pelanggan tidak dapat mengetahui informasi sparepart yang diinginkan. Belum tersedianya pelayanan booking service secara online berdampak pada waktu tunggu pelanggan pada saat ingin melakukan perbaikan kendaraan, sehingga perusahaan perlu membuat inovasi baru terkait pelayanan dan informasi yang dapat nantinya dapat diakses secara mudah oleh pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan oleh pelanggan kepada perusahaan. Metode yang digunakan yaitu extreme programming dengan penerapan konsep Customer Relationship Management dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan yang dapat diakses secara online dengan teknologi internet.  Proses membangun sistem Customer Relationship Management dilakukan dengan melalui tahapan seperti Business Report yaitu laporan yang dihasilkan dari sistem yang akan dibangun seperti laporan data servis kendaraan dan informasi hasil penilaian. Informasi rating kepuasan pelanggan yang disediakan untuk pelanggan pada saat selesai proses servis kendaraan dilakukan. Proses meningkatkan loyalitas pelanggan dengan membangun sistem yang dibangun dapat diakses secara online melalui website berupa fitur pelayanan servis dan informasi sparepart

Kata kunci: Sistem, Customer Relationship Management, Peningkatan Loyalitas, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Dongardive and Prakash, “Information Repackaging in Library Services,” Int. J. Sci. Res., vol. 2, no. 11, 2013, doi: Diperoleh dari https://www.ijsr.net, diakses pada 13 Maret 2019 pukul 18.09.

D. Damayanti, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN KESELARASAN TEKNOLOGI DAN BISNIS UNTUK PROSES AUDITING,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 2, pp. 92–97, 2020.

Nurislaminingsih and Rizki, “Peningkatan Daya Inovatif Pustakawan Melalui Repackaging Information Isi Intelektual Koleksi,” J. Pustaka Karya, vol. 7, 2019, doi: 10.35137/jmbk.v6i3.235.

M. Fadly and A. Wantoro, “Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2019, vol. 1, pp. 46–55.

D. Arfifahani, “Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan,” J. Ekobis Dewantara Vol., vol. 1, no. 3, pp. 42–47, 2018.

R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” Sisfotek Glob., 2014.

Suharsimi and Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

I. B. G. Sarasvananda, C. Anwar, D. Pasha, and S. Styawati, “ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus: BP3TKI Lampung),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

Krismiaji, “Sistem Inormasi,” in Sistem Informasi Akuntansi, 2015.

B. S. Sulastio, H. Anggono, and A. D. Putra, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENENTUKAN LOKASI RAWAN MACET DI JAM KERJA PADA KOTA BANDARLAMPUNG PADA BERBASIS ANDROID,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 104–111, 2021.

F. Fitriyana and A. Sucipto, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN OLEH SALES MARKETING PADA PT ERLANGGA MAHAMERU,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 105–110, 2020.

kotler and Amstrong, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen"Best Autoworks",” J. Manaj. Dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 6, pp. 775–764, 2017.

N. Anisyah, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (STUDI KASUS IRLANDA ALUMUNIUM).” Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia, 2018.

P. Manurung and S. Sembiring, “E-crm Information System for Tapis Lampung SMEs,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1338, no. 1, p. 12051.

I. P. A. E. Pratama, “Customer Relationship Management (CRM) Teori dan Praktek Berbasis Open Source,” Informatika, 2019.

B. Raharjo, “Belajar Otodidak Framework CodeIgniter,” Informatika Bandung, pp. 1–387, 2018.

M. Sabar, A. Heryanto, and F. Lestari, “Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Santri Berbasis Android Studi Kasus : Pesantren Al-Hidayah Garut,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 5, no. 3, pp. 30–35, 2019, doi: 10.33197/jitter.vol5.iss3.2019.297.

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi,” Edisi Revisi. Andi Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 1–439, 2014.

R. A.S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung, 2019.

I. gusti N. Suryantara, “Merancang Aplikasi dengan Metodologi Progammings.” PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i4.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia gus tika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.