Hubungan Keseimbangan Dan Power Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Ap Chagi Pada Atlet Taekwondo Dojang Satria Lampung

Riska Rahmalia, Eko Bagus Fahrizqi

Abstract


Taekwondo merupakan seni bela diri yang lebih banyak menggunakan kaki daripada tangan karena Taekwondo terdiri dari tiga kata dasar yaitu Tae yang berarti kaki, Kwon yang berarti tangan, dan Do yang berarti seni. Dasar-dasar taekwondo terdiri dari 5 komponen dasar, yaitu: bagian tubuh sasaran (Keup So), bagian tubuh yang digunakan untuk menyerang atau bertahan, jurus jurus (Seogi), teknik bertahan atau menangkis (Makki), teknik serangan (kongkyok kisul) yang terdiri dari: pukulan (jierugi), tebasan (chigi), tusukan (chierugi), tendangan (chagi). untuk mengetahui sejauh mana kemampuan keseimbangan atlet, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan otot tungkai atlet, untuk mengetahui kemampuan tendangan ap chagi atlet warrior di Bandar Lampung.Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Dojang satria Bandar Lampung yang mengumpulkan 20 atlet. data diperoleh setelah menentukan topik masalah, sampel, tes gaya berdiri, tes lompat jauh berdiri, tendangan ap chagi dan pengolahan data.Dari hasil penelitian ini memberikan interpretasi lebih lanjut terhadap hasil analisis data yang telah dikemukakan. Berdasarkan pengujian, analisis menyimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan dan kemampuan melakukan ap chagi dengan hitung > tabel (0,003 > 0,621). (2) ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai terhadap kemampuan menendang ap chagi dengan r hitung > rtabel (0,051 > 0,441). (3) ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan, power otot tungkai pada tendangan ap chagi dengan r hitung > rtabel (0,011 > 0,642).

Full Text:

PDF

References


Ariansyah, A., Insanistya, B. and Sugiyanto (2017) ‘Hubungan antara daya ledak pada otot tungkai dengan kemampuan tendangan dari dollyo chagi’, Jurnal Pendidikan Jasmani, 1(2), pp. 111–116.

Fenanlampir, A. and Faruq, M. M. (2015) Tes Dan Pengukuran dalam Olahraga. Edited by M. Bendatu. yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Irwansyah, R. (2019) ‘Hubungan daya ledak otot tungkai, keseimbangan, dan motivasi dengan keterampilan yeop chagi terhadap atlet PELATDA DKI JAKARTA 2015 Akademi Olahraga Prestasi Nasional’, Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 1(1).

Mahfud, I. and Fahrizqi, E. B. (2020) ‘Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar’, Sport Science and Education Journal, 1(1), pp. 31–37. doi: 10.33365/.v1i1.622.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. 4th edn. Edited by S. Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v2i2.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.