PENGARUH KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Refiesta Ratu Anderha, Sugama Maskar

Abstract


Abstract

This study aims to determine the relationship between numeracy skills and achievement in learning mathematics as indicated by the Grade Point Average (GPA). The sample in this study were 30 students of the Mathematics Education study program at the Indonesian Technocrat University. The type of research used is a quantitative method with ex post facto research techniques. Data analysis in this study used descriptive statistics and inferential statistics with Spearman correlation analysis. This study uses one independent variable, namely numeracy ability and one dependent variable, namely learning achievement. The research instrument is a Minimum Ability Assessment in the form of 3 essay questions. The results of this study indicate that numeracy has a positive and significant effect on student learning achievement with a 95% confidence level and a sig. value of 0.009 <0.05 and the value of the correlation coefficient   which is in the moderate or strong enough category. The contribution of numeracy ability in influencing the level of learning achievement is 22.65%, while the rest is influenced by other factors. Thus, the results of this study indicate that if the numeracy ability of each Mathematics Education student is high, the learning achievement that will be obtained is also high, and vice versa.

 

Keywords: Numerical Ability, Learning Achievement, Spearman Correlation

 

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan numerasi terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan melalui nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Sampel dalam penelitian ini merupakan 30 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Univeritas Teknokrat Indonesia. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik penelitian ex post facto. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Spearman. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas, yaitu kemampuan numerasi dan satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar. Instrumen penelitian adalah soal tes Asesmen Kemampuan Minimum berupa 3 butir soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan tingkat kepercayaan  dan nilai sig.value  serta nilai koefisien korelasi  yang berada pada kategori sedang atau cukup kuat. Kontribusi kemampuan numerasi dalam mempengaruhi tinggi-rendahnya prestasi belajar yaitu sebesar , sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa jika kemampuan numerasi yang dimiliki setiap mahasiswa Pendidikan Matematika itu tinggi, maka prestasi belajar yang akan diperoleh juga turut tinggi, begitupun sebaliknya.

 

Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Prestasi Belajar, Korelasi Spearman


Full Text:

PDF

References


Anggresta, V. 2015. “Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Journal of Economic and Economic Education, 4(1), 19-29.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, P. S., & Septa, W. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31 – 39.

Dewi, P. S., dan Septa, H. W. 2019. "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah". Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Gerakan Literasi Nasional. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamimi, L., Zamharirah, R., dan Rusydy. 2020. “Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018”. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57-66.

Harususilo, Yohanes Enggar. 2019. “Skor PISA Terbaru Indonesia”. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all. (Pada tanggal 09 Oktober 2020).

Jelatu, S., Mon, E. M., dan San, S. 2019. “Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika”. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1).

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Maskar, S, dkk. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 154-166.

Maskar, S. & Dewi, P.S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia (Jurnal Pendidikan Matematika). 4(2), 888-899

Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 53-69

Maskar, S. dan Anderha, R. R. (2019). ”Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung”. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 40-47.

Maulana, A. 2017. “Deksripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari”. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1-14.

Mujib, A. 2019. “Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit”. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.

Nurjanah, E. 2017. “Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Autis”. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(2), 1-10.

Puspaningtyas, N.D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 24-30

Putri, L. A., Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Saputra, V.H.., Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 15-23

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., dan Rodiyah, S. K. 2018. ”Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Tias, A. A. W., dan Wutsqa, D. U. 2015. “Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 48 – 55.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.