PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN

Rina Wijayanti, Melisa Waitaby

Abstract


Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi yang meningkatkan minat belajar siswa dalam memahami materi pola bilangan. Materi pola bilangan seringkali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, sehingga diperlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dalam penelitian ini akan dikembangkan sebuah media pembelajaran berupa animasi yang menarik dan interaktif sebagai alternatif pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi sebagai penunjang serta mengetahui kelayakan dari media berbasis animasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli materi dan ahli media, dan uji coba yang berupa hasil tanggapan media pembelajaran terhadap 15 peserta didik. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif untuk menilai kemenarikan maupun kevalidan media pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan data hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media dan guru matematika memperoleh presentase 81% termasuk kriteria valid berarti layak digunakan, dan data hasil uji coba yang berupa angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 84% yang berarti peserta didik tertarik dengan adanya kegiatan pembelajaran menggunakan media berbasis animasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan media pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan


Full Text:

PDF

References


Amayana. 2006. Proses Pembelajaran. Jakarta: Pustekom Dikbud.

Arikunto. 2012. Aspek-aspek Lembar Validasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arkadiantik dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. SEMNASDIKJAR 2019. 30-36.

Buyung, dkk. 2022. Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5 (1), 46-51.

Borg, Gall. 2006. Prosedur Pengembangan. Education research: an international, Fourth Edition. New York: Logman. Inc.

Depdiknas. 2006. Pembelajaran Matematika. Tentang Pendidikan.

Depsibud. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Depsibud.

Depdiknas. 2008. Kriteria Penilaian Validasi. Tentang Pendidikan.

Hapsari I & Fatimah M. 2021. Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru di SDN 2 Seto kulon. Prosiding & Webinar Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, Cirebon. 187-194.

Hobri. 2010. Teknik Anlisis Rata-rata. Jember: Pena Salsabila.

Jackson, Donna. 1993. Kisi-kisi Instrumen Penilaian Meida. Bandung Remaja Rosdakarya.

Jayanti I, dkk. 2020. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Sistema:Jurnal Pendidikan, 01 (01), 1-7.

James, Seodjadi. Pengertian Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Kholil M & Zulfiani S. 2020. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa MI Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Educare: Journal of Primary Education, 1 (2), 151-168.

Masykur, Abdul. 2008. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Dian Rakyat.

Mulyani & Haliza. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. 2021. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1),101-109.

Muyasaroh S. 2019. Pengelolaan Kelas dalam Melaksanaan Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4 (1), 1-16.

Saifullah. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Powerpoint Terhadap Minat Belajar Maahasiswa Prodi PAI Semester III Tahun Akademik 2013/2014 di LAIN Palopo. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (LAIN) Palopo.

Syarief, dkk, 2023. Bayangan Konsep Siswa Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 10-19.

Sya’bania N. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPS UMN, 4 (1), 34-44.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Media. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2013. Teknik Pengumpulan Data dan Lembar Validasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka.

Okpatrioka. 2023. Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Widjayanti, W.R., MasfingatiN T., Styansah, R. K. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika,13(1), 101-112.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.