ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA SORONG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI

Latifah Mustika Raa Haa Miim, Dwi Pamungkas, Sahidi Sahidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong saat menerapkan pembelajaran matematika berdiferensiasi. Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta subjeknya adalah tiga peserta didik VII K dengan kriteria motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika berdiferensiasi. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta model Miles dan Huberman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik berkriteria motivasi belajar tinggi menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi dalam pembelajaran matematika berdiferensiasi, dengan empat indikator motivasi yang terpenuhi. Di sisi lain, peserta didik berkriteria sedang dan rendah hanya memenuhi satu dari lima indikator motivasi belajar yang diteliti. Meskipun demikian, peserta didik berkriteria sedang menunjukkan motivasi belajar matematika berdiferensiasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik berkriteria rendah. Ini terlihat dari fakta bahwa peserta didik berkriteria sedang tidak selalu memenuhi lima item, sedangkan peserta didik berkriteria rendah tidak selalu memenuhi delapan item dari total 13 item yang diteliti.


Full Text:

PDF

References


Alfath, A. dkk. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal: Journal Education Research and Development, 7(2), 132-140.

Amir, Z. dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anggraini, K. N. dk. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31-48.

Aprima, D. dan Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Ayu, E. S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIB SDN 007 Sagulung. BIODIDAK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2 (2), 119-129.

Cahyono, A. E. (2023). Membangun Kemandirian Belajar untuk Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal: Journal Education Research and Development, 7(2), 167-174.

Derici, R. M. dan Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal Of Education, 9(1), 414-420.

Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya di Kelas VII SMP. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278-290.

Hasanah, L. W. dkk. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237-258.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Jaenudin, Ujam. dan Sahroni, D. (2021). Psikologi Pendidikan Pengantar Menuju Praktik. Bandung: Lagood’s Publishing.

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(2807-5535), 89-100.

Magdalena, I. dkk. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59.

Maliasih. dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.

Marisa, Mira. (2021). Inovasi Kurikulum’Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65-72.

Nuryanti, F. E. (2022). Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, 1(1).

Pamungkas, D. dan Sumbono, A. (2018). Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Berdasarkan Keikutsertaan pada Komunitas Belajar Mandiri Mahasiswa. Journal of Songke Math, 1(1), 1-11.

Sari, Ela Winda. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 37 Kaur. Bengkulu: IAIN Bengkulu. (Skripsi Sarjana PGMI, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu).

Selay, N. I. H., Sumadi, S., & Raharja, S. P. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Aimas. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 3(2), 12-22.

Sousa, D. A. dan Tomlinson, C. A. (2018). Differentiation and the Brain: How Neuroscience Supports the Learner Friendly Classroom. Solution Tree Press.

Sudiara, I. K. (2022). Penerapan Penggunaan Lks Berstruktur Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Inovasi, 8(9), 21-25

Syarifuddin, S. dan Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102.

Wardani, N. W. (2023). Analisis Pendekatan Berdiferensiasi Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Bandungrojo. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. (Skripsi Sarjana PGSD, Universitas Islam Sultan Agung)

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689.

Yunita. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Tutor Tutee Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 94-101.

Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.