PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS STEAM MATERI PLSV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Dinda Ayu Setyaningrum, Husni Sabil, Ade Kumalasari

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: a) menghasilkan e-modul interaktif berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan b) mendeskripsikan kualitas e-modul interaktif berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Laboratorium Kota Jambi. Objek penelitian ini adalah E-Modul Interaktif Berbasis STEAM Materi PLSV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan melakukan uji validitas (validasi materi dan validasi desain), praktikalitas (uji perorangan dan uji kelompok kecil), dan efektivitas (respon siswa dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Laboratorium Kota Jambi. Hasil penelitian ini adalah produk berupa E-Modul Interaktif Berbasis STEAM Materi PLSV dengan hasil uji validitas pada validasi materi 81% (sangat valid) dan validasi desain 85% (sangat valid), hasil uji praktikalitas pada praktikalitas perorangan 92% (sangat praktis) dan praktikalitas kelompok kecil 85,4% (sangat praktis), serta uji efektivitas pada respon siswa 83,7 (sangat efektif) dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 66,81% (cukup efektif).


Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. 2(1), 144–153.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arista, Y., Hendriana, E. C., & Nurhayati. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar IV MI Al Fatah Singkawang. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 10.

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Neng, 08.

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). PEMBELAJARAN KIMIA.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students Of Senior High School. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir

Hidayah, S. L. N. N., & Prayitno, L. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Word Problem PLSV. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 67–84. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.67-84

Juliandini, N. M. A., & Munandar, D. R. (2022). Kemampuan Problem-Solving Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah PLSV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1411-1418

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Mabsutsah, N., & Yushardi. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Nuraeni, L., Suhendri, H., & Masruroh, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas VIII SMP. 1(3), 2020. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Nurhikmayati, Iik, 1(2), 41–50.

Putri, L. D., & Zulyusri. (2023). Meta-Analisis Validitas Penggunaan E-Module Terintegrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM). Journal on Teacher Education, 4, 405–412.

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, & Mahsup. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Ridwan, M. B. A. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. ALFABETA.

Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., Sastra, G. N., & Agustika. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.