PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Syifaurrahmadania Syifaurrahmadania, Husni Sabil, Novferma Novferma

Abstract


Kemampuan literasi matematis penting dimiliki oleh siswa Indonesia. Melalui hasil survey PISA oleh siswa Indonesia kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis dapat dilakukan melalui penggunaan modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kualitas modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu perolehan persentase validasi materi sebesar 79% dengan  kategori “valid”, perolehan persentase validasi desain sebesar 81,10% dengan kategori “sangat valid”,  perolehan persentase praktikalitas guru sebesar 95,20% tergolong “sangat praktis”, perolehan persentase praktikalitas siswa sebesar 85,26% dengan kategori “sangat praktis”, perolehan persentase efektifitas respon siswa sebesar 85,96% dengan kategori “sangat efektif” dan  perhitungan N-gain dalam peningkatan kemampuan literasi matematis siswa sebesar 73% dengan kategori “cukup efektif”. Maka disimpulkan bahwa dalam penelitian ini menunjukan modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa layak digunakan ketika proses pembelajaran karena memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2802–2815. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Febriyani, A., & Hakim, A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Mahfudhah, A., Hamidah, D., & Wulan, E. R. (2022). E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 35–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v10i1.2127

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran. FENOMENA, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.

Nadia, L., Maniq, K., Karma, I. N., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. Journal of Clasroom Action Research, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405

Novianti, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Mathematics) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4049–4056. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD (Ed.), OECD Publishing. In OECD Publishing.

Oktafiana, E., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Metro. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.368

Rachim, F. (2019). How to STEAM Your Classroom. Jakarta: DPP Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO).

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2733–2745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Ramadhani, R., & Bagus, Pratama, Putra, D. (2021). Pengambangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Sigil Pada Materi Pitagoras Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan Volume, 4(2), 140–152. https://doi.org/https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.621

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smarthphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 954–969. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1172

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika, 07(4), 1029–1038. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212

Tambusai, A. R., & Rakhmawati, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan STEAM (Science , Technology , Engineering , Art and Mathematic) Pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Jurnal Euclid, 10(1), 213–233. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8529




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.