PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2802–2815. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Febriyani, A., & Hakim, A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Mahfudhah, A., Hamidah, D., & Wulan, E. R. (2022). E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 35–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v10i1.2127
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran. FENOMENA, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.
Nadia, L., Maniq, K., Karma, I. N., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. Journal of Clasroom Action Research, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405
Novianti, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Mathematics) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4049–4056. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199
Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD (Ed.), OECD Publishing. In OECD Publishing.
Oktafiana, E., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Metro. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.368
Rachim, F. (2019). How to STEAM Your Classroom. Jakarta: DPP Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO).
Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2733–2745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759
Ramadhani, R., & Bagus, Pratama, Putra, D. (2021). Pengambangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Sigil Pada Materi Pitagoras Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan Volume, 4(2), 140–152. https://doi.org/https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.621
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smarthphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 954–969. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1172
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika, 07(4), 1029–1038. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212
Tambusai, A. R., & Rakhmawati, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan STEAM (Science , Technology , Engineering , Art and Mathematic) Pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Jurnal Euclid, 10(1), 213–233. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33603/e.v10i1.8529
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.