E-MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PENDEKATA N PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMA

Mega Mega Ningsih, Sri Sri Wahyuni

Abstract


Penelitia n ini bertujua n untu k mengetahui pengembanga n da n respo n peserta didi k terhadap hasil pengembanga n E-Modul Matematika denga n Smart Apps Creator Berbasis Pendekata n Problem Solving Pada Siswa SMA. Jenis penelitia n ini merupaka n penelitia n pengembanga n atau Researc h and Development (R&D) denga n mengikuti tahap-tahap model pengembanga n Borg and Gall yang terdiri dari potensi da n masala h, pengumpula n data, desai n produ k, validasi desai n, revisi desai n, uji coba produ k da n revisi produ k. Subje k dalam penelitia n ini adala h siswa kelas X SMA Plus Bina Mandiri. Instrume n pengumpula n data menggunaka n validasi ahli da n angket respo n peserta didi k. Hasil dari penelitia n ini diperole h persentase rata-rata ahli media da n ahli materi sebesar 86% denga n kriteria “sangat laya k”. Respo n peserta didi k terhadap kemenarika n E-Modul Matematika denga n Smart Apps Creator Berbasis Pendekata n Problem Solving pada saat uji coba memperole h jawaba n “menari k” denga n nilai rata-rata persentase sebesar 79%. Maka dapat disimpulka n bahwa Pengembanga n E-Modul Matematika denga n Smart Apps Creator Berbasis Pendekata n Problem Solving suda h laya k da n menari k untu k digunaka n  dalam pembelajara n.

Full Text:

PDF

References


Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulita n Siswa Berdasarka n Kemampua n Pemahama n Matematis dalam Menyelesaika n Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidika n Matematika, 8(1), 18. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568

Alpiani, N., Pamungkas, A. S., & Jaenudi n, J. (2022). Pengembanga n E-modul Matematika pada Materi Barisa n da n Deret Berbantua n Smart App Creator untu k Siswa SMA/SM K. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidika n Matematika, 6(2), 2110–2121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1452

Amalia, C., Alamsya h, T. P., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembanga n Media Pembelajara n Matematika Berbasis Smart Apps Creator Untu k Meningkatka n Kemampua n Pemahama n Konsep Matematis Peserta Didi k Di Sekola h Dasar. Autenti k : Jurnal Pengembanga n Pendidika n Dasar, 6(2), 265–275. https://doi.org/10.36379/autenti k.v6i2.238

Astutiani, R., & Hidaya h, I. (t.t.). Kemampua n Pemecaha n Masala h Matematika dalam Menyelesaika n Soal Cerita Berdasarka n Langka h Polya.

Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancanga n Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Boo k TI K Kelas XI SMA. 8.

Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertia n Pendidika n,Ilmu Pendidika n Da n Unsur-Unsur Pendidika n. Al Urwatul Wutsqa: Kajia n Pendidika n Islam, 2, 1.

Budi, E. S. (2023). Pengembanga n Media Pembelajara n Flipaclip Berbasis Pendekata n Saintifi k Untu k Meningkatka n Kemampua n Pemecaha n Masala h Persamaa n Lingkara n. Tesis, Universitas Lampung.

Fausi h, M. (2015). Bahasa n “Instalasi Jaringa n LA N (Local Area Networ k)” Untu k Siswa. 01.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.

Ikhwanudi n, T. (2018). Pembelajara n Matematika Berbasis Kearifa n Lokal Untu k Membangu n Karakter Bangsa. Jurnal Ilmia h Pendidika n Matematika, No.1.

Imansari, N., & Sunaryantiningsi h, I. (2017). Pengaru h Penggunaa n E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehata n da n Keselamata n Kerja. VOLT : Jurnal Ilmia h Pendidika n Tekni k Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Kade k Aris Priyanthi, & Dr. Ketut Agustini, S.Si, M.Si. (2017). Pengembanga n E-Modul Berbantua n Simulasi Berorientasi Pemecaha n Masala h Pada Mata Pelajara n Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SM K Negeri 3 Singaraja). Kumpula n Artikel Mahasiswa Pendidika n Tekni k Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Kurniawati, E. F. (t.t.). Upaya Peningkata n Kemampua n Berpikir Kritis da n Keaktifa n Siswa Melalui Penerapa n Model Pembelajara n Problem Solving Dalam Pembelajara n Matematika (PT K Pembelajara n Matematika di Kelas IV SD Negeri Pabela n 01).

Mahuda, I., Ranny Meilisa, & Anto n Nasrulla h. (2021). Pengembanga n Media Pembelajara n Matematika Berbasis Android Berbantua n Smart Apps Creator Dalam Meningkatka n Kemampua n Pemecaha n Masala h. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidika n Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Maya Herlina Da n Ide n Rainalihsa n. (2020). Penelitia n Pendahulua n Mengenai LKPD Model PBL Terkait Kemampua n Berpikir Matematis. Mathem: Jurnal Pendidika n Metematika 2, 46.

Novitasari, D. (2015). Penerapa n Pendekata n Pembelajara n Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatka n Kemampua n Berpikir Kritis Matematis Siswa. 1.

Pemerinta h Indonesia. (2003). Undang-Undang Republi k Indonesia Nomor 20 Tahu n 2003, Tentang Sistem Pendidika n Nasional.

Peratura n Mentri Pendidika n Da n Kebudayaa n Ri No. 65 Tahu n 2013. (2013). Tentang Standar Proses pendidika n Dasar da n Menenga h.

Ramadanti, F., Mutaqi n, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembanga n E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajia n Data untu k Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidika n Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Rauf, A. (2022). Pengembanga n Media Pembelajara n Smart Apps Creator Di SMP N 12 Bulukumba. Skripsi, Universitas Muhammadiya h Makassar.

Ruhba n Maskur, Nofrizal, Da n Muhamad Syazali. (2017). Pengembanga n Media Pembelajara n Matematika Denga n Macromedia Flas h. Al-Jabar: Jurnal Pendidika n Matematika 8, 177-86.s.

Shumini, D. A. (2020). Pengaru h Metode Discovery learning terhadap Kemampua n Pemecaha n Masala h Matematis Siswa di SMP Negeri 10 Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidika n Matematika, 5. http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/313

Winaryati, E., M., M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Model RD&D Pendidika n da n Sosial.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.