PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Imamatul Islamiya, Dewi Iriani, Novferma Novferma

Abstract


Indonesia selalu menjadi peserta dalam setiap survei yang dilakukan oleh pisa mengenai literasi matematika. Peserta didik Indonesia masih memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah. Berdasarkan hasil PISA 2015 indonesia termasuk dalam 10 negara yang memiliki kemampuan literasi matematis. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik adalah dengan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu merangsang peserta didik dalam memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa yang dilihat dari kevalidan. Kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Hasil pengembangan menunjukkan hasil validasi desain yaitu 88,23% (Sangat Valid), hasil validasi materi yaitu 83% (Sangat Valid), hasil praktikalitas oleh guru yaitu 93,33% (Sangat Praktis), hasil praktikalitas oleh siswa yaitu 82,39% (Sangat Praktis), hasil angket respon siswa yaitu 86% (Sangat Efektif), dan hasil nilai gain pada peningkatan kemampuan literasi matematis 0,75 kategori (Sangat Efektif). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran karena sudah memenuhi syarat valid, praktis dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, R. D. (2015). keefektifan model project based learning berbasis gqm terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 04(02), 181-183.

Arief Setyawan, R. (2016). analisis penggunaan metode marker tracking pada augmented reality alat musik tradisional jawa tengah. jurnal SIMETRIS, 07(01), 295-297.

Asmara, A. S., Waluya, S. B. & R. (2017). (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematik. Scholaria, 7(02), 135–142.

Baswedan, A. (2014). gawat darurat pendidikan di indonesia. kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Retrieved from.

Mahiuddin, W. e. (2019). analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten KOnawe dalam Perspektif Gender. jurnal pendidikan matematika, 10(1), 55-65.

Muzaki, A. (2019). analisis kemampuan literasi matematis siswa. jurnal pendidikan matematika, 08(03), 494-496.

OECD. (2017). learning mathematics for life; A perpective from PISA paris. OECD publishing.

Ramadhani, R. e. (2021). pengembangan modul elektronik interaktif berbasis sigil pada materi pitagoras sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. 04(02).

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Siswono, T. Y. E., Kohar, A. W., Rosyidi, A. H., Hartono, S., & Masriyah. (2018). Searching for Authentic Context in Designing PISA-like Mathematics Problem: From Indoor to Outdoor Field Experience. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012197

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suliyono, B., Pranyata, Y. I. P., & Yuwono, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Dimensi Tiga Di Smk Negeri 11 Malang. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 160–166. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.289

Wayan eka. (2017). project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. jurnal pendidikan matematika, 06(1), 106-109.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.