PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Srigati Indro Raharjo, Dyah Ayu Sulistyaning Cipta, Rachmawati Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dan dilakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran secara terus menerus selama penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII mata pelajaran matematika SMPN 1 Tongas pada bab Persamaan Linier satu Variabel yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket siswa, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahap reduksi data, triangulasi dan display data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan strategi CTL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Angket motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kedua siklus yaitu sebesar 54,97 % pada siklus pertama menjadi 66,31 % pada siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi CTL mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 24,32 % pada siklus pertama menjadi 70,27 % di siklus kedua.


Full Text:

PDF

References


Amelia, P., & Niniwati. (2019). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 09(03), 14-22.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Pendidikan, 12(2), 117-134.

Arifin, S. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melihat Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah. Jurnal Pendidikan Matematika JPMRAFA, 2(2), 142-160.

Arlina, Gajah, N. A., Shifa, M., Rahmadhani, F. S., & Manungkalit, K. N. (2023). Peranan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Laerning Pada Mata Pelajaran Fiqih. GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 107-119.

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55.

Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., Mangolo, A. E., Bawole, R., & Mamonto, S. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 967-973.

Fahmi. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA (pp. 121-128). Lampung: S2 IPA UNLAM PRESS.

Huda, K. (2023). Penggunaan Contextual Teaching and Learning pada Mata Kuliah Reading Bagi Peserta Didik Pendidikan Bahasa Inggris. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 7(1), 113-132.

Mashartanto, A. A., Purnama, C., & Mulyana, F. (2022). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/i Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Jurnal Saintek Maritim, 22(2), 183-192.

Mubarika, M. P., Firmansyah, E., & Yulianie, L. (2020). Implementasi Dimensi Connectedness Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis. Jurnal PJME, 10(1), 39-50. doi:10.5035/pjme.v10i1.2443

Nugraheni, S. D., Zaenuri, & Wardono. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Berbasis PPLH Sekolah Berbantuan ICT Dapat Meningkatkan Kreativitas. PRISMA, 2, 149-155.

Rahman, W. Y. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual. JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 1(1), 1-6.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran dengan Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah sesuai dengan Kurikulum Tahun 2013 di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121-128.

Tarigan, C. M., & Siagian, P. (2022). Analisis Konten Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). HUMANTECH: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(11), 1657-1666.

Wulandari, A., & Sujadi. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Contextual Teaching Learning Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Kalibawang Kulon Progo. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 17-24.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.