LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS IV SDN 19 MAKARTI JAYA

Irena Ayuningtyas, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacle) pada materi perkalian yang dapat dilihat melalui tiga aspek yaitu ontogenical obstacle, didactical obstacle dan epstimologi obstacle. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dan instrument yang berupa tes, wawancara siswa dan guru kelas IV serta didukung dengan menganalisis RPP, analisis bahan ajar buku teks. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 19 Makarti Jaya yang berjumlah 20 siswa dan satu orang guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik yang bervariasi. Hasil penelitian ini ditemukan learning obstacle yang dialami siswa yakni kurangnya motivasi dalam belajar, kurangnya kesiapan belajar siswa yang menjadi ontogenical obstacle dan kurangnya metode dan media pembelajaran yang bervariatif yang menjadi didactical obstacle serta kurangnya pemahaman konsep tentang perkalian merupakan pejumlahan yang berulang yang menjadi epstimology obstacle.


Full Text:

PDF

References


Amalia, D. R., Chan, F., Sholeh, M. (n.d.). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV (Vol. 4).

Bangsawan, R, I. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula. Anugerah Pratama Press.

Dayanti. (2021). Peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan media batang perkalian pada murid tunanetra kelas V di SLB-A Yapti: Makassar.

Fuadiah, N. (2016). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika.

Hadi, C. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636.

Indah, P. J., Saputro A. R., Sundari, R. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.35479

Isroatun., Hanifah, N., Maulana., Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Intregatif Melalui Situation-Based Learning (Julia (ed.)). UPI Sumedang Press.

Khairani, Sofiyan, R. D. dan S. (2019). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Di Kelas II SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2).

Kurniawati. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika di Kelas V MIN Bima Tahun Ajaran 2021-2022.

Lismayana, P.P., Surmilasari, N. (2023). Pengaruh Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III Sd Negeri 95 Palembang. 09.

Muthmainah, I.I., Fuadiah, N.F., Fitriasari, P. (2021). Learning Obstacles pada Pembelajaran Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 21–30. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3581

Putri, S.E., Surmilasari, N., Fakhrudin, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan di Kelas III SDN 195 Palembang. 05(04), 12937–12947.

Panggabean, S. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Media Sains Indonesia. Bandung.

Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, M. (2020). Learning Obstacle Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 467–479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735

Septiani, D. R., Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 141. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7526

Suryadi, D. (2019). Didactical Design Research (DDR). GAPURA PRESS. Bandung.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sd. Universitas Muhammadyah Malang. Malang.

Wardani, A. D., Nuraysah, E. I., Fadhilla, F. N.m Serly, W. A., D. (2021). Analisis Kesalahan Konsep dalam Penyelesaian Soal Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 21–35. American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association (6th edition). Washington, DC: American Psychological Association.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.