PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR

Dini Ramadhania Sari, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pecahan sederhana menggunakan articulate storyline kelas III yang valid, praktis, dan efektif. Pada penelitian ini menggunakan model 4-D dengan tahapan yaitu (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) (4) Dessiminate (penyebaran). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 18 Makarti Jaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penilaian validasi media pembelajaran, instrumen penilaian kepraktisan (guru), instrumen penilaian kepraktisan (peserta didik), dan data hasil tes soal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan presentase 93% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian kepraktisan guru mendapatakan 95% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase 92% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil tes soal peserta didik mendapatkan presentase 86% dengan kategori “sangat efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif materi pecahan sederhana kelas III sekolah dasar termasuk ke dalam media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Afsari, R., Kesumawati, N., Surmilasari, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis TPACK Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SD. SEJ: School Education Journal, 11 (4), 339-348.

Agustina, A., & Fuadiah, N. F. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. LEMMA: Letters of Matehematics Education, 5 (1), 52-60.

Amiroh. (2020). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian journal of educational research and review, 2(2), 210-218.

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Karo-Karo S, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. 94.

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Permata, R., Rohana., Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 11(2). 419-430.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Rahmadani. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 55-71.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2, 169–182.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.