ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MELALUI SOAL HOTS DI SMA AL-MUNADIR KUALA MANDOR B

Surahmah Surahmah, Suriyana Suriyana, Metia Novianti

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan guna memahami kemampuan literasi numerasi peserta didik melalui soal HOTS di SMA Al-Munadir Kuala Mandor B. Metodologi penelitian yang dipakai ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek studi ini, siswa kelas XI B yang berjumlah 20 orang. Pemilihan subjek dalam penelitian ini didapati dari skor perolehan tes dengan kategori tinggi, sedang, serta rendah, yang kemudian dipilih satu orang perwakilan dari setiap kategori. Tehnik penghimpunan informasi yang dipakai studi ini adalah tes serta wawancara. Perolehan studi ini ialah (1) Kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMA Al-Munadir Kuala Mandor B masuk pada kategori rendah dengan prolehan rata-rata yaitu 55,2. (2) Kategori kemampuan literasi numerasi tinggi sebesar 10%, dengan kemampuan literasi numerasi baik karena memenuhi indikator literasi numerasi yakni, kemampuan menganalisis informasi yang dikemukakan dalam banyak rupa, kemampuan menggunakan simbol-simbol yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan mengambil keputusan. (3) Kategori kemampuan literasi numerasi sedang sebesar 25%, dengan kemampuan literasi numerasi cukup baik karena memenuhi indikator literasi numerasi yakni: mampu menganalisis data yang dikemukakan dalam banyak rupa, kemampuan menggunakan simbol-simbol yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan mengambil keputusan. (4) Subjek kategori kemampuan literasi numerasi rendah sebesar 65%, dengan kemampuan literasi numerasi yang kurang karena hanya memenuhi indikator literasi numerasi mampu menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, berdasarkan indikator HOTS analisis dan evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N. & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-pi: Jurnal Matematika dan pendidikan Matematika. (online) 9(2), 2541-2906.

Evendi, I. (2022). Analisis Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas

VII SMP Negeri 2 Barombong. Prodi Pendidikan Matematika FKIP Makassar: Universitas Negri makassar.

Kurniati, D. dkk. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Standar PISA. Jurnal: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2): 142-155

Kusdianti, I. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas XI SMA 2 Sungai Raya.

Prodi Pendidikan Fisiska FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah

Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan dan Sains. 8(1): 36-43

Oktaviani, R.N. and Rahmatika, C. (2022). Analisis Literasi numerasi dan Berkarakter HOTS pada Soal Ujian Matematika

Kelas V SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021 Kecamatan Menganti Geresik. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar. 1(2): 119-131.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuh Kembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS.

Indonesia Digital Journal of Matematics and Education. 5(9): 2407-8530.

Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan literasi Numerasi pada Materi Linear Siswa SMP PAB 2 Helvatia. Jurnal tentang pendidikan guru. 3 (3): 266-274.

Rumana, I. M., dkk. (2017). Pengembangan Metedo Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda terhadap Motivasi dan Sikap

Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(1): 30-41

Sa’adah, A., Dkk. (2021). Scaffolding dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal HOTS untuk Meningkatkan

Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. ProSANDIKA UNIKAL. 2. 167-174|.

Saraswati, P.M.S., & Agustika, G.N.S. (2020). Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2): 257-269.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susetyawati, & Kintoko. (2022). Pengembangan Butir Soal Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Materi Bangun Ruang

Kelas VIII SMP di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan kemanusiaan Indonesia. 2(2): 52-61.

Sormin, S. A., Siregar, A. P., & Priyono, C. D. (2019). Konsepsi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah di Era Disruptif.

Widiyanti, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe Higher

Order Thinking Skills (HOTS) (Studi Penelitian pada peserta Didik Kelas V SDN Kemantara 01 Kecamatan Kramat

Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.