KAJIAN STEAM PADA CANDI GEBANG, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bernadeta Lalita Nareswari, Siti Khoiriyah, Antonius Yudi Anggoro, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Indonesia mempunyai budaya yang beragam, salah satunya adalah peninggalan budaya berupa Candi Gebang yang berada di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Gebang merupakan candi bercorak Hindu karena di temukan Yoni pada bagian dalam candi. Pada area candi hanya terdapat satu bangunan candi. Tujuan penelitian untuk memahami hubungan antara budaya candi gebang dan warisan arkeologis, dampaknya terhadap masyarakat setempat, serta mengetahui aspek matematis pada Candi Gebang yang relevan dengan pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif etnografi. Pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur dan dokumentasi pada buku serta jurnal. Hasil penelitian ini adalah keterkaitan dari bangunan Candi Gebang dengan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM).


Full Text:

PDF

References


Alam, B. P. (2020). Pilihan Material Bangunan pada Candi. Human Narratives, 2(1), 33-38.

Emma, S. (2021). Studi Meta Analisis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fajriyah, E. (2018, February). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119).

Febrianty, Wanda., Saputra, D.S., Amri, H.A., Rahmat, F.N., Handayani, R.D., & Putra, P.D.A. (2023). Eksplorasi Konsep Fisika Kesetimbangan Benda Tegar Pada Permainan Tradisional Engklek Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika.7(1)).

Halim, Amalia Prabandani & Roshayanti, Fenny. (2021). Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Bologi SMA Kelas X.

Indradjaja, A. (2000). Proporsi Tinggi Dan Lebar Pintu Masuk Candi Gebang. AMERTA, 20, 59-75.

Mu'minah, I. H. (2020). Implementasi STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) dalam pembelajaran abad 21. Bio Educatio, 5(1), 377702.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.

Puspitasari, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literatur Riview: Eksplorasi Etnomatematika pda Bangunan Candi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 13-18.

Safitri, R. R., & Sulistyorini, Y. (2023). Studi Etnomatematika Geometri pada Artefak Peninggalan Sejarah di Kota Malang. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 258-268.

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Cross-border, 5(1), 782-791.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: eksplorasi candi borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26.

Widarwati, D., & Utaminingsih, S. (2021, March). STEAM (Science Technology Egineering Art Mathematic) Based Module for Building Student Soft Skill. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.

Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan metode etnografi dalam penelitian sosial. DIMENSI-Journal of Sociology, 9(2).

Wulandari, D., & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika: eksplorasi pada artefak kerajaan Singosari. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 203-217.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.