PENGEMBAPENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERINTEGRASI HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDNGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERINTEGRASI HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD

Roviqoh Nur Safitri, Rintis Rizkia Pangestika, Titi Anjarini

Abstract


Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, desain, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Wathoniyah yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan modul ini adalah menghasilan produk berupa modul matematika berbasis etnomatematika terintegrasi HOTS pada materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas V, hasil kelayakan berdasarkan aspek kevalidan dilihat dari penilaian oleh dosen ahli dan guru, ahli materi diperoleh skor 3,25 dengan kriteria valid, ahli media mendapatkan skor 3,7 dengan kriteria sangat valid, dan penilaian guru atau praktisis mendapatkan skor sebesar 3,75 kriteria sangat valid; aspek kepraktisan diperoleh dari hasil analisis respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas masing-masing memperoleh jumlah skor 3,49 dan 3,4 sehingga keduanya masuk dalam kriteria sangat praktis; dan aspek keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lebih luas menggunakan gain score dengan memperoleh rata-rata 0,8 dengan kriteria sangat efektif dan 0,5 dengan kriteria efektif. Berdasarkan kajian modul tersebut maka memenuhi kriteria valid, praktis serta efektif sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Agustini, N. K. A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 27-32.

Aini, D. F. N., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-10.

Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2022, July). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 17-23).

Cahyono, E., Lathif, S., & Pantiwati, Y. (2020, July). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Tingkat Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Dasmi, D. S., Ariani, Y., & Ahmad, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Volume Bangun Ruang Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 390-406.

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28-41.

Faiqoh, A. N., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 103-106

Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Handayani, E. T. Y. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 12-22.

Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 292-301.

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-20.

Miftakhudin, M., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2019, February). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Saintifik Untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 510-515).

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80.

Pangestika, R. R., Yansaputra, G., & Setyanto, S. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia with Local Purworejo Culture on Learning Outcomes of Class V Elementary School Students. Conference, International Education, Elementary Indonesia, Universitas Pendidikan, 3(November), 629–632.

Sari, R. K., Puspaningtyas, N. D., Santika, Y., Rani, N. M. S., & Cahyono, D. A. D. (2023). Pelatihan Penerapan Soal Berbasis Etnomatematika di SMA Negeri 1 Batanghari. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 41-46.

Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4(2), 67-74.

Sofian, Y. (2023). Strategi Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Menungkatkan mutu Pendidikan di SMAN 2 Bandar Lampung. UNISAN JURNAL, 2(5), 509-515.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.