ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Resa Aprinita Sari, Zulfah Zulfah, Astuti Astuti

Abstract


Keterampilan yang dikenal dengan kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika karena dapat membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tren saat ini dalam penelitian tentang kemampuan penalaran matematis dan mengidentifikasi peluang penelitian di masa depan. Kata kunci “kemampuan penalaran matematis” dan “pendidikan matematika” digunakan untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini dari tahun 2018 hingga 2023 melalui Google Scholar. Dari 2018 hingga 2023, para peneliti mengamati 38 dari 410 artikel asli. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan bantuan software PoP dan VOSviewers. Temuan studi tersebut mengarahkan peneliti pada kesimpulan bahwa istilah "masalah kata matematika" dan "kelompok matematika berkemampuan rendah" dapat digunakan dalam pengembangan penelitian kemampuan penalaran matematis di masa mendatang.

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, V. E., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. … RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/27975

Risali, H., Zulfah, Z., & Rizki, L. M. (2023). Validitas Instrumen Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Software Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Materi Penyajian Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(4), 210–218. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i4.57

Sumarmo. (2014). BAB II Penalaran Matematis. Universitas Muhamadiyah Malang, 1987, 6–12.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran-matemati-55500f0f.pdf

Umairah, P. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “ Google Classroom ” Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips 4 Sman 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 02(03), 275–285. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/319/250

Wafirah, M. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Connected Mathematics Project Berbasis Quantum Learning.

Wahyudi, I. D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. http://lib.unnes.ac.id/35838/

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.23




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.3572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.