ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nurul Meutia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan kesulitan siswa SMP dalam pelajaran matematika pada materi bilangan. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya observasi kelas, melakukan wawancara serta pemberian tes kepada siswa, sedangkan untuk teknik pengolahan data digunakan rumus presentase P = F/N x 100%. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa SMP kelas VII. Dari hasil penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa kesulitan siswa pada bilangan adalah kurangnya daya tangkap dalam memahami konsep yang menyebabkan tidak berkembangnya kemampuan pemecahan masalah matematis, kurang telitinya siswa pada saat mengerjakan soal, terganggunya kosentrasi belajar siswa dikarenakan teman sekelas yang tidak memperhatikan guru ketika mengajar justru bersenda gurau, dan kebiasaan guru mengajar dengan metode konvesional membuat siswa pasif dalam belajar serta menurunkan minat dan semangat belajar siswa dalam pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2010. Penelitian Tindakan, Yogyakarta : Aditya Media

Asra, Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima

I Made Wirartha. 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offse

Rusfendi, E. T. 2009. Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Universitas Terbuka

Saad, N. S. & Ghani, A. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: University Pendidikan Sultan Idris.

Yusmin, Edy.1995. Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Objek Belajar Matematika. Pontianak: Universitas Tanjungpura




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.