PINTU GERBANG OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3

Arief Pratama Zanofa, Ristiandika Arrahman, Muhammad Bakri, Arief Budiman

Abstract


Pada saat sekarang dunia elektronika dan kontrol mengalami kemajuan yang sangat cepat. Teknologi elektronika juga turut memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia. Berbagai jenis peralatan yang telah dibuat oleh manusia untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dalam menjalankan segala aktivitas salah satunya untuk mengontrol pintu gerbang. Permasalahan pada penelitian bahwa peoperasian pintu gerbang masih dilakukan secara manual dimana membuka dan menutup pintu masih didorong sehingga sistem gerbang belum efektif. Penelitian ini bertujuan membuat prototype  pengembangan sebuah pintu bisa menjadi sebuah pintu gerbang otomatis yang dapat membuka dan menutup melalui penekanan dari remote kontrol yang dikendalika oleh manusia. Hasil pengujian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa untuk jarak terbaik untuk mengakses remote smartphone adalah 9 meter dengan tanpa halangan, dan untuk dengan halangan jarak terbaik adalah 7 meter.


Keywords


arduino; mikrokontroler; pintu gerbang

Full Text:

PDF

References


P. Prasetyawan, Y. Ferdianto, S. Ahdan, dan F. Trisnawati, “Pengendali Lengan Robot Dengan Mikrokontroler Arduino Berbasis Smartphone,” J. Tek. Elektro ITP, 2018, doi: 10.21063/jte.2018.3133715.

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. F. Silvia, E. Haritman dan Y. Mulyadi, “Rancang bangun akses kontrol pintu gerbang berbasis arduino dan android,” Electrans, vol. 13, no. 1, pp.1-10, 2014.

E. Atmojo, B. Tri, Sulistiyanti, S. Ratna, Nasrullah, “Model Sistem Kendali Pintu Otomatis Menggunakan Barcode Berbasis PC (Personal Computer) Pada Gerbang Laboratorium Teknik Elektro Unila,” Electrician, 2014.

H. A. Prasetyo dan E. Usada, “Perancangan Sistem Pintu Gerbang dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) menggunakan Metode Waterfall,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron, 2013, doi: 10.20895/infotel.v5i2.5.

H. Supriyono, A. Kurniawan, dan A. Rakhmadi, “Perancangan dan pembuatan sistem pintu otomatis menggunakan barcode,” KomuniTi, 2013.

S. Samsugi, "Internet of Things (iot): Sistem Kendali jarak jauh berbasis Arduino dan Modul wifi Esp8266," Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XII, 2017.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

A.F. Silvia, E. Haritman dan Y. Mulyadi, “Rancang bangun akses kontrol pintu gerbang berbasis arduino dan android,” Electrans, vol. 13, no. 1, pp.1-10, 2014

A. Zainuri, U. Wibawa dan E. Maulana, “Implementasi Bluetooth HC–05 untuk Memperbarui Informasi Pada Perangkat Running Text Berbasis Android,” Jurnal EECCIS, vol. 9, no. 2, pp. 163-167, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arief Pratama Zanofa, Ristiandika Arrahman, Muhammad Bakri, Arief Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.