Aplikasi Perpustakaan Berbasis OPAC (Online Public Access Catalog) di SMK N 1 Talangpadang

Willyan Dafit Prayoga, Muhammad Bakri, Yuri Rahmanto

Abstract


Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Negri 1 Talangpadang adalah sekolah yang berada di Kabupaten Tanggamus yang terleak di Jalan Radin Intan No 35 Banding Agung Kecamatan Talangpadang. Administrasi perpustakaan yang diterapkan pada SMK N 1 Talangpadang saat ini masih menerapkan prosedur konvensional. Semua kegitan administrasi masih dilakukan dengan proses pembukuan seperti pengolahan bahan pustaka dan pelayanan. Administrasi perpustakaan harus dapat memenuhi semua keperluan yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan, kegiatan administrasi ada dalam setiap kegiatan perpustakaan baik pada sekretariat, pengadaan bahan pustaka, pengolahan, dan layanan (sirkulasi). Otomasi perpustakaan merupakan sistem yang mengkomputerisasikan beberapa kegiatan yang dilakukan pada perpustakaan tradisional. Dengan menerapkan otomasi, penelusuran bahan pustaka juga bisa lebih cepat dan akurat melalui OPAC (Online Public Access Catalog). Dengan menggunakan sitem OPAC (Online Public Access Catalog) diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan administrasi perpustakaan yang ada pada SMK N 1 Talangpadang. Pendekatan yang digunakan dalam penerapan sistem OPAC pada administrasi perpustakaan mengggunakan pengalaman pengguna UXD (user experience design).

Full Text:

PDF

References


Ahdan, S. and Sari, P. I. (2020) ‘PENGEMBANGAN APLIKASI WEB UNTUK SIMULASI SIMPAN PINJAM (STUDI KASUS: LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH BMT L-RISMA’, Jurnal Tekno Kompak, 14(1), pp. 33–40.

Azwar, M. (2013) ‘Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan Library Management System (SLiMS)’, Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1), pp. 19–33.

Destiningrum, M. and Adrian, Q. J. (2017) ‘Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre)’, Jurnal Teknoinfo, 11(2), p. 30. doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

Fitriastuti, F. (2009) ‘Aplikasi OPAC (Online Public Access Catalog) pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Mobile’, KATA PENGANTAR, p. 13.

Indonesia, P. N. R. (2007) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan’. Pemerintah Negara Republik Indonesia.

Manullang, I. T. S. and Bakri (2017) ‘PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILEUNTUK PELELANGAN KOPI MENGGUNAKAN PLATFORM ANDROID’. Perpustakaan Teknokrat.

Megawaty, D. A. et al. (2020) ‘SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA’, 14(2), pp. 98–101.

Najib, M. et al. (2020) ‘MIT APP INVERTOR PADA APLIKASI SCORE BOARD UNTUK PERTANDINGAN OLAHRAGA BERBASIS ANDROID’, Tekno Kompak, 14(2), pp. 115–120.

Setiawansyah, Sulistiani, H. and Darwis, D. (2020) ‘Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari )’, Jurnal CoreIT, 6(1), pp. 50–56.

Sutarno, N. S. (2008) Kamus perpustakaan dan informasi. Jala Permata.

Zahara, Z. (2013) ‘Organisasi dan Administrasi Perpustakaan Sekolah’.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Willyan Dafit Prayoga, Muhammad Bakri, Yuri Rahmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.