GAME EDUKASI PENGENALAN BAHASA KOMERING UNTUK MASYARAKAT MARTAPURA MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SUGENO

intan meiza hakim

Abstract


Bahasa Daerah di Indonesia mengalami kemunduran secara signifikan bahkan terancam punah. Masyarakat dalam melestarikan bahasa daerah bisa dengan mengenalkan sedini mungkin dengan anak-anak dan menggunakan bahasa tersebut untuk kehidupan sehari-hari, tetapi saat ini faktanya masyarakat jarang manggunakan bahasa daerah. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat bahwa bahasa komering ini penting di lestarikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle). Pengujian pada penelitian ini menggunakan standar ISO 25010, pengujian yang dilakukan yaitu aspek Functional Suitability, Usability dan Compatibility. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa (1) proses untuk membangun game yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan dapat menggunakan metode pengembang GDLC (Game Development Life Cycle), (2) Proses pengembangan game edukasi pengenalan bahasa komering di mulai dengan membuat konsep game, setelah itu pembuatan desain game mulai dari storyboard, struktur navigasi dan flowchart. Storyboard dibuat dengan Photoshop, struktur navigasi serta flowchart dibuat menggunaka DrawExpress. Pengumpulan materi dan proses pembuatan game dilakukan secara bersamaan, pembuatan game menggunakan tools construct 2 yang mendukung dalam pembuatan game 2 dimensi dengan platform android.

 

Kata Kunci: Game Edukasi, Pengenalan bahasa Komering, Pengembangan GDLC, ISO 25010, Android.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., Damayanti, & Sulistiani, H. (2018). Game edukasi pengenalan hewan langka berbasis android menggunakan construct 2. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer .

Hanafri, M. I., Budiman, A., & Akbar, N. A. (2015). Game edukasi tebak gambar bahasa jawa menggunkan adobe flash CS6 berbasis android. Jurnal Sisfotek Global .

Hasan, M. A., & Nasution, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pembuatan Web Blog Berbasis Web Menggunakan HTML 5. Jurnal Inovtek POLBENG - Seri Informatika , 2.

Hidayat, T., & Sari, N. R. (2016). Game Edukasi Mengenal Peristiwa Bersejarah dan Tokoh Pahlawan di Indonesia. Jurnal Ilmiah DASI .

Krisdiawan, R. A. (2018). Implementassi Model Pengembangan Sistem GDLC dan Algoritma Linear Congruential Generator pada game Puzzle. Jurnal Nuansa Informatika .

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Surya. Jurnal Studi Komunikasi .

Kurniawan, I., Setiawansyah and Nuralia. (2020). ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), pp. 9–16.

Putra, A. D. (2020). ‘RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), pp. 17–24.

Sintaro, S., Ramdani, R. and Samsugi, S. (2020). ‘Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di’, 1(1), pp. 51–57.

Sariasih, Y., & Rusfarita. (2018). ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA KOMERING DESA TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi , 2.

Zulkarnais, A., Prasetyawan, P., Sucipto. A. (2018). Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 intan meiza hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.