Implementasi Dua Langkah Autentikasi pada E-Office (Studi Kasus - PTPN 7 Unit Kedaton)

Andi Pratama Putra

Abstract


Pada umumnya, pihak administrasi menyiapkan katasandi rumit dan diganti setiap untuk karyawan tersebut supaya keamanan terjaga dengan baik. Namun, dikarenakan katasandi yang rumit, terkadang karyawan lupa katasandi tersebut dan perlu untuk menghubungi administrator untuk mendapatkan katasandi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan TFA pada sistem aplikasi E-Office menggunakan layanan PHP mailer dengan host Google. Metode yang diterapkan adalah Rapid Appication Development (RAD), untuk pengembangan sistem web service digunakan framework Codeigniter yang berbasis bahasa pemrogramman PHP. Hasil penelitian ini terbukti bahwa fungsi autentikasi dua langkah ini dapat mempermudah karyawan untuk tidak perlu lagi mengingat kata sandi yang rumit sekaligus menjaga keamanan. Implikasi autentikasi dua langkah ini dapat dilakukan dengan mudah dan modal sedikit dengan keamanan yang cukup bagus. Sistem telah diuji dan dipresentasikan di depan Manager, Teknisi Komputer, dan Karyawan PTPN 7 Unit Kedaton dengan hasil 100% akurat yang artinya sistem berjalan sesuai yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Y. Firnanda, “Perancangan Sistem Keamanan”.

G. Firmansyah, Keamanan dan Etika Sistem Informasi. 2020.

T. Tohirin, “Penerapan Keamanan Remote Server Melalui Ssh Dengan Kombinasi Kriptografi Asimetris Dan Autentikasi Dua Langkah,” (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 133–138, 2020.

N. S. Hapsari, Y. Fatman, and I. Isbandi, “Implementasi Metode One Time Password pada Sistem Pemesanan Online,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 4, pp. 930–939, 2020.

A. Z. Mardiansyah, A. Zubaidi, and A. H. Jatmika, “Two Factor Authentication Berbasis SMS pada Layanan Single Sign-On Universitas Mataram,” Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), vol. 5, no. 2, pp. 167–174, 2021.

M. A. Taqwim, A. Kusyanti, and R. A. Siregar, “Implementasi Algoritme Speck Untuk Enkripsi One-Time Password Pada Two-Factor Authentication,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, vol. 2548, p. 964X.

M. C. I. Putri, P. Sukarno, and A. A. Wardana, “Two factor authentication framework based on ethereum blockchain with dApp as token generation system instead of third-party on web application,” Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 74–85, 2020.

M. Shabaz, “A Secure Two-Factor Authentication Framework in Cloud Computing,” Security and Communication Networks, vol. 2022, 2022.

A. Hendini, “Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak),” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, no. 2, 2016.

W. Lnu, “Materi 5-Activity Diagram,” 2020.

J. R. Sagala, “Model Rapid Application Development (Rad)Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalanbelajar Mengajar,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 87–90, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v%25vi%25i.2946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Pratama Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.