AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 SEBAGAI UPAYA EVALUASI PENGOLAHAN DATA PADA SMKK BPK PENABUR BANDAR LAMPUNG

Dedi Darwis, Dwi Maila Pauristina

Abstract


SMKK BPK Penabur Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah yang telah memanfaatkan teknologi informasi yaitu penggunaan sistem DAPODIK. Penggunaan sistem DAPODIK pada SMKK BPK Penabur Bandar Lampung merupakan pendukung kinerja bagi penggunanya, namun hal tersebut belum menjamin bahwa SMKK BPK Penabur Bandar Lampung tersebut sudah betul-betul menerapkan teknologi informasi dengan baik. Untuk mengantisipasi terjadinya pengolahan data yang tidak diinginkan atau tidak sesuai dengan data yang diinputkan, serta adanya penyalahgunaan data, kecurangan dalam pengolahan data, maka harus dilakukan audit sistem informasi. Audit sistem informasi dilakukan untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh SMKK BPK Penabur Bandar Lampung dalam mencapai tujuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi secara langsung. Hasil pengumpulan data digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan sistem pada SMKK BPK Penabur Bandar Lampung. Audit sistem informasi ini menggunakan framework COBIT 4.1 sebagai metode penelitian karena model-model lain tidak mempunyai cakupan seluas keempat domain COBIT 4.1, domain yang digunakan pada penelitian ini adalah domain DS (Delivery and Support) dan ME (Monitor and Evaluate) terdiri dari 10 proses yang bertujuan mengetahui sejauh mana SMKK BPK Penabur Bandar Lampung telah menerapkan teknologi informasi dengan baik. Hasil evaluasi audit sistem informasi pengolahan data pada SMKK BPK Penabur Bandar Lampung menunjukkan temuan masalah pada DS (Delivery and Support) adalah DS12 (Mengelola Lingkungan Fisik) masalah pada bagian ini adalah ketidaksesuaian terhadap data yang diinputkan dengan output yang dibutuhkan oleh pengguna dan sistem DAPODIK belum memiliki tindakan keamanan akses fisik yang baik serta belum adanya perlindungan terhadap keamanan fisik sistem DAPODIK.


Full Text:

PDF

References


Maniah, Krisdanto Suhendro. ”Usulan Model Audit Sistem Informasi (Studi Kasus : Sistem Informasi Perawatan Pesawat Terbang)”. Institut Teknologi Bandung. Yogyakarta, Juni 2005.

Suryono, Ryan Randi., Darwis, Dedi., Gunawan, Surya Indra., “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung)”. Jurnal Teknoinfo, Vol.12.No.1. hal 16-22, 2018.

Biilmilah, Rayin., Darwis, Dedi., “Audit Kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara pada Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA Bandarlampung”, Jurnal Tekno Kompak. Vol 11. No.1, hal 18-23, 2017

Rahmaani, Amalia Ratna. “Audit Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan COBIT Framework Pada Domain Delivery and Support”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 27 Januari 2014.

Hakim, Ummy Pemata., Darwis, Dedi., “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi (Emis) Menggunakan Framework Cobit 5 PT TDM Bandarlampung”, Jurnal Teknoinfo, Vol.10, No.1, hal 14-19, 2016

Syaroh, Siti, Didit N Utama, Ellensyah Kurniawan. “Audit Sistem Informasi Call Center Pada PT Arga Bangun Bangsa (ESQ LEAERSHIP CENTER) Dengan Menggunakan Framework COBIT”. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2011.

Darwis, Dedi., “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 sebagai Upaya Peningkatan Keamanan Data pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran”, Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, Vol.7, No.2. 2016

Romney, Marshall B., Paul John Steinbart, 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Schiller Mike, Chris Davis. 2011. IT Auditing Using Controls To Protect Information Assets. New York : Mc Graw Hill.




DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.