RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB RESPONSIVE TERHADAP PERANGKAT MOBILE PADA MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING

Ikhu Muhibatul Umaya, Adi Sucipto, Erliyan Redy Susanto, Iqbal Isnsan Athok, Stya Bagus Pujiatma

Abstract


Kebutuhan teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan kebutuhan utama guna mempermudah suatu pekerjaan atau akses. Kegiatan penerapan teknologi informasi diperpustakaan saat ini masih kurang terpenuhi, peminjaman, pengembalian serta denda masih dilakukan secara manual sehingga cukup sering terjadinya ketidak cocokan data, belum lagi daftar koleksi buku masih ditulis dalam buku besar sehingga sangat sulit dalam pengelolaan data buku. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diusulkanlah sebuah apllikasi yang nantinya di harapkan dapat memberikan kemudahan pelayan di perpustakaan, sehingga akses transaksi peminjaman, pengembalian, denda dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi perpustakaan yang dapat digunakan untuk mengelola data perpustakaan secara keseluruhan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi perpustakaan yaitu Waterfall, berdasarkan hasil pengujian menggunakan Balckbox Testing secara keseluruhan hasil pengujianya yaitu mencapai nilai 100% dan dapat disimpulkan bahwa fitur-fitur yang ada pada sistem telah berjalan dengan valid dan sistem ini dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v3i2.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ikhu Muhibatul Umaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/index
E : jiiti@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.