PRODUKTIVITAS ALAT UNTUK PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR ITERA

Agustina Agustina

Abstract


Dalam ilmu Teknik Sipil, alat-alat berat sering digunakan untuk membantu dalam proses konstruksi bangunan. Alat-alat berat ini menjadi faktor kunci dalam proyek-proyek konstruksi besar, memungkinkan pekerjaan diselesaikan dengan lebih efisien dan dalam waktu yang lebih singkat Penggunaan alat-alat berat menjadi solusi yang penting dalam menyelesaikan proyek konstruksi, termasuk proyek pembangunan seperti gedung, jembatan, bendungan, dan jalan. Proyek pembangunan Jalan Lingkar ITERAmelibatkan pekerjaan konstruksi yang besar dan tidak mungkin dilakukan secara manual. Proyek pembangunan Jalan Lingkar ITERA memerlukan beberapa kombinasi alat berat yang berbeda untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap produktivitas masing-masing kombinasi alat berat untuk menentukan alat mana yang paling efisien dalam hal waktu.

Dalam menghitung produktivitas pada penelitian ini ada beberapa hal yang dilakukan guna mendapatkan data-data yang dibtuhkan. Adapun hal-hal yang dilakukan dalam mengumpulkan data -data antara lain dengan melakukan Wawancara  dengan pengawas lapangan, pekerja, maupun pembimbing lapangan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk penelitian. Melakukan Observasi, Studipustaka dan Melakukanpengambilangambardarisetiapkegiatan yangdilakukan. Berdasarkan hasil perhitungan analisa alat beratexcavator maka didapatproduktifitas alat dalam perhari yaitu 508,7232 m³/jam, lama waktu yangdibutuhkan3 hari dan alatyangdibutuhkan berjumlah 1unit.Berdasarkan hasil perhitungan analisa alat berat Grader maka didapat produktifitas alat dalam perhari yaitu 287 m3/jam, lama waktu yang dibutuhkan 3 hari dan alat yang dibutuhkan berjumlah 1 unit. Berdasarkan hasil perhitungan analisa alat berat Grader maka didapat produktivitas alat dalam perhari yaitu 36,57 m3/jam, lama waktu yang dibutuhkan 8 hari dan alat yang dibutuhkan berjumlah 2 unit.


Full Text:

PDF 1-6

References


Asiyanto, Susy, MBA, Ir. 2007. Manajemen Alat berat untuk konstruksi. PT Pradnya Paramita. Jakarta.

Fatena Rostiyanti, Susy, Msc, Ir. 2008. Alat berat untuk proyek konstruksi. Rineka Cipta. Jakarta

Rochmanhadi. 1989. Alat alat berat dan penggunaannya. YBPPU. Jakarta.

Santosa, Budi. 2008. Manajemen Proyek.Graha Ilmu. Surabaya. Asiyanto. 2008. Metode Konstruksi Proyek Jalan.UI- Press. Jakarta.

Widiasanti, Irika, M.T., Ir. 2013. Manajemen Konstruksi.PT Remaja Rosdakarya. Jakarta.

Wilopo, Djoko. 2009. Metode Konstruksi dan Alat-Alat Berat.UI-Press. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agustina Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.