ANALISIS PESWAT ANGKAT DAN ANGKUT TOWER CRANE LC 2070

Yudi Nelsono

Abstract


Tower Crane (TC) akan mempengaruhi efisiensi pekerjaan yang dilayani, hal ini juga akan berpengaruh pada biaya sewa dan biaya operasional TC. Permasalahan ini sering dihadapi oleh kontraktor ketika menyusun rencana pelaksanaan kegiatan proyek. Penempatan TC yang tidak tepat dapat mengakibatkan jadwal pelaksanaan yang panjang dan pemborosan biaya. Oleh karena itu dalam penempatan TC memerlukan perhitungan keseimbangan beban kerja TC agar dapat meminimalisasi durasi penggunaan TC. Observasi lapangan dilakukan pada proyek konstruksi yang sedang berjalan yaitu pada proyek Lampung City Super Block, yang berlokasi di Jl, Jeruk Bali IV No.28 Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan penempatan TC dapat diketahui bahwa penempatan TC yang tepat dapat mereduksi jam operasional TC dan jadwal proyek.


Full Text:

PDF 36-39

References


Asiyanto. 2008. Manajemen Alat Berat Untuk Konstruksi : PT. Pradnya Paramita. Jakarta. Rostiyanti, Susy Fatena. 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Edisi 2 : PT. Rineka

Cipta. Jakarta.

Rahman, Sofyan. 2012. Optimasi Lokasi Untuk Groop Tower Crane Pada Proyek Apartemen Guna Wangsa Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya (SKRIPSI).

Sunur, Robertus R. dan Adi Kurniawan. 2007. Program Perhitungan Efektivitas Penggunaan Tower Crane Pada Bangunan Bertingkat, Universitas Kristen Petra, Surabaya (SKRIPSI).

Winanda, Lila Ayu Ratna. 2005. Penentuan Lokasi Tower Crane Menggunakan Algoritma Genetika Pada Proyek Perkantoran Halim Sakti, Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil I – 2005 Peran Rekayasa Teknik Sipil Dalam Menunjang Pelaksanaan Otonomi Daerah, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, C-1.

Winanda, Lila Ayu Ratna. 2010. Evaluasi Penempatan Lokasi Group Tower Crane Terhadap Titik Layanan, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Ramah Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan, Institut Teknologi Nasional, Malang




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yudi Nelsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.