PERHITUNGAN VOLUME KEBUTUHAN TULANGAN PADA PEMBANGUNAN JALAN SIMPANG KORPRI PURWOTANI

Nyoman Yudha Satya Nuaba, Fera Lestari, Galuh Pramita

Abstract


Perkerasan beton memiliki modulus elastisitas tinggi dan mampu menyalurkan beban ke area tanah yang luas, sehingga sebagian besar kapasitas dukungan berasal dari lapisan beton itu sendiri. Meskipun jalan beton memiliki keunggulan struktural, menghasilkan tegangan yang lebih rendah akibat beban yang sama, sehingga mengurangi kebutuhan akan lapisan dasar yang tebal. Namun, karena sifatnya yang kaku, perkerasan beton rentan terhadap perubahan volume akibat perubahan suhu, sehingga perlu memasang tulangan baja sebagai langkah antisipasi terhadap perubahan dimensi yang disebabkan oleh kembang susut.

Pada Proyek Pembangunan Jalan Simpang Korpri Purwotani struktur yang digunakan adalah struktur perkerasan jalan beton (rigid Pavement) dan terpasang tulangan baja yaitu tulangan dudukan, Dowel dan Tie-Bar. Tulangan dudukan dirakit mengukan sistem manual dengan mengunakan kawat bendrat sebagai pengikat antar tulangan baja, Pada Proyek ini, jalan dibagi menjadi beberapa bagian atau segment untuk mengatasi kembang susut pada jalan dan diletakan nya dowel pada dua tulangan dudukan yang berdekatan antar segment. Kebutuhan volume tulangan baja yang dibutukan pada proyek pembangunan Jalan Simpang Korpri Purwotani yaitu untuk kebutuhan tulangan dudukan total 7741 batang dengan berat 57,59 ton, kebutuhan besi Dowel total 136 batang dengan berat 10,30 ton, kebutuhan besi Tie-Bar total 48 batang dengan berat 0,91 ton.


Full Text:

PDF 29-35

References


Delatte, Norbert J.2014. Concrete Pavement Design, Construction, and Performance. CRC Press. ISBN: 978-1-4398-9383-1

Hadijah, I., & Harizalsyah, M. (2017). Perencanaan Jalan Dengan Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga. Jalan Raya, Metode Analisa Komponen Bina Marga, Perencanaan Jalan,, 140-146.

Kaku (Rigid Pavement). IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 3 No 3, 31-41. Ari, S. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Porland (Rigid Pavement)

Lukman, A. F. (2003). Rancangan Tebal Perkerasan Kaku. 1-14.

Apriliansyah, A., & Gunawan, G. (2019). Pelaksanaan Pekerjaan Jalan Perkerasan

MacGregor, James G. dan Wigh , James K. 2011. Reinforced Concrete Mechanics and Design. Pearson. ISBN: 978-0132176521

Perencanaan Metode AASHTO. Yogyakarta: Beta Offset.

Badan Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Perencanaan Pekerjaan Jalan

Saodang Hamirhan, M. (2005). “Perancangan Perkerasan Jalan Raya". Bandung: Nova Bandung




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nyoman Yudha Satya Nuaba, Fera Lestari, Galuh Pramita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.