PRODUKTIVITAS CONCRETE MIXER PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG- DEMAK SEKSI II

Felix Asi Tupado Sihaloho, Fajar Dewantoro, Dian Pratiwi

Abstract


Alat-alat berat yang umumnya dikenal dalam bidang Teknik Sipil digunakan untuk mendukung manusia dalam melaksanakan proyek pembangunan struktur bangunan. Tujuan dari pemanfaatan alat-alat berat ini adalah untuk menyederhanakan pekerjaan manusia sehingga hasil yang diharapkan dapat dicapai dengan lebih mudah dan dalam waktu yang lebih singkat. Penggunaan alat berat adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan proyek yang sedang berlangsung. Dengan demikian, alat berat berperan sebagai alat bantu bagi manusia dalam menyelesaikan berbagai proyek pembangunan, termasuk pembangunan gedung, jembatan, bendungan, jalan, dan proyek-proyek lainnya. Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II melibatkan pekerjaan konstruksi yang besar dan tidak mungkin dilakukan secara manual. Oleh karena itu, proyek ini seharusnya menggunakan bantuan alat berat seperti concrete mixer,  Proses perhitungan produktivitas ala tantara lain mengumpulkan data yang diperlukan, Observasi,studi pustaka dan Mengumpulkan dokumen dan arsip dari pihak pelaksana pekerjaan proyek yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

Pada proyek pembangunan parapet ini dibagi menjadi beberapa bentang. Satu bentang memiliki dimensi (0,2268 + 0,1 + 0,0625) x 7,48 m. Dengan volume 3 m3, jadi 1 jalur terdapat 4 segmen. Hasil perhitungan analisis alat berat Truck Mixer menunukkan didapat produktivitas alat yaitu 3,9614 m3/jam, untuk mobil yang di butuhkan dalam 1 jalur yaitu 2 unit truck mixer. Hasil perhitungan analisis alat berat Concrete Pump didapat produktivitas alat yaitu 49,8 m3/jam, untuk mobil yang di butuhkan dalam 1 jalur yaitu 1 unit concrete pump. Berdasarkan hasil perhitungan analisis alat berat Concrete Bucket maka didapat produktifitas alat yaitu 3,32 m3/jam. Hasil perhitungan analisis alat berat Rough Terrain Crane maka didapat produktivitas alat yaitu 3,8388 m3/jam dan 30,7104 m2/hari.


Full Text:

PDF 24-28

References


Deodatus, Leonardus Kevin, And Bambang Herumanta. 2017. “Metode Pelaksanaan Dan Analisa Produktivitas Pekerjaan Dinding Parapet Dengan Metode Precast Dan Metode Konvensional Pada Proyek Pembangunan Apartemen U-Residence 3 Tangerang.” Universitas Gadjah Mada 3 (1984): 1–13.

Fahmi, Aftoni Alvin, And Alif Fayeza Muhammad. 2021. “Laporan Kerja Praktek Proyek Jalan Tol Semarang - Demak Pt. Pp (Persero) Tbk.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 10.

Jawat, I Wayan, Anak Agung Sagung Dewi Rahadiani, And Ni Komang Armeni. 2018. “Produktivitas Truck Concrete Pump Dan Truck Mixer Pada Pekerjaan Pengecoran Beton Ready Mix.” Paduraksa 7 (2): 164–83.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Felix Asi Tupado Sihaloho, Fajar Dewantoro, Fajar Dewantoro, Dian Pratiwi, Dian Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.