PENATAAN RUANG PARKIR PASAR TRADISIONAL BAMBU KUNING

Muhammad Zaka Syahdana, Galuh Pramita, Fera Lestari

Abstract


Ruang parkiryangdibutuhkanharustersediasecaramemadai.Sebabsemakin besar volume lalulitas yang beraktivitas baik yangmeninggalkan atau menuju pusat kegiatan, makasemakinbesarpulakebutuhanruangparkir. Pasar Tradisional Bambu kuning BandarLampungmerupakan pusat perbelanjaan tradisional bagi masyarakatlokalmaupunluarkota.Namunseringkaliparapengunjungkebingunganuntukparkirkarnakepadatanpengunjungyanginginberbelanjadanterbatasnyakapasitas ruang parkir dipasar tradisional Bambu Kuning.Sehinggamengakibatkanseringnyapenumpukankendaraandantakheranterjadi kemacetandikarenakanmenumpuknya kendaraan yang hendak parkir dibahu jalanpadaPasarTradisionalBambu KuningBandar Lampung. Dari hasil perhitungan didapatkan hasil Karakteristik parkir pada penelitian ini untuk kendaraan sepeda motor teringgi yaitu Akumulasi parkir 140 unit, Durasi rata-rata 221 menit Volume parkir 316 kedaraan. Pergantian Parkir 15% (kend/SRP/Jam). Indeks parkir 0,62 dan  Kapasitas parkir 84.  Hasil karakteristik kendaraan mobil tertinggi yaitu Akumulasi parkir 11 unit, Durasi rata-rata118, Volume parkir29 kendaraan, Pergantian parkir 0,02 % (kend/SRP/Jam), Indeks parkir  0,09 IP dan Kapasitas parkir 76.  Pemilihan pola parkir Pasar Tradisional Bambu Kuning Kota Bandar Lampung sudah sangat efektif.  Pola parkir bersudut memiliki tingkat keefektifan masing-masing. Pada sudut 300 dapat menampung sebanyak 197   motor dan 93 mobil kemudian untuk sudut450 dapat menampung sebanyak 211 motor dan 93 mobil  sudut 600 dapat menampung sebanyak 162 motor dan 93 mobil  dan sudut 900 dapat menampung sebanyak 225 motor dan 115 mobil.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1996, “Perancangan Parkir Departemen Perhubungan”, JAKARTA.

Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Kota Gorontalo”.Fakultas Teknik.Universitas Gorontalo.Gorontalo.

Miro, Fidel. (1997), “Sistem Transportasi Kota”.Penerbit Tarsito.Bandung. Munawar, A. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. “Beta Offset” Jogjakarta.

Sebastian, Arik. Kurniawan, Totok Dwi. Irawati.2018.”Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Off Street Parking Di Pasar Tanjung Jember”.Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember.Jember.

Taju. 1996.” karakteristik kebutuhan parkir pada dirumah sakit”.Penerbit ITB. Bandung.

Tatura, Lydia Surijani.2011.”Analisis Penataan Ruang Parkir Pasar Central

Viesta, Carollina Bella. 2019.“Evaluasi Kebijakan Penanggulangan Parkir Liar Dikota Yogyakarta”.Sekelah Tinggi Masyarakat Desa.Yogyakarta.

Walikota Bandar Lampung Provinsi Lampung,2018.”Ketenteraman Masyarakat Dan Ketertiban Umum” Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung .Lampung.

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan.Penerbit ITB. Bandung.

Winaya, Putu Preantjaya.2017.”Analisis Karakteristik Dan Solusi Parkir Di Badan Jalan”.Fakultas Teknik. Universitas Udayana.Bali.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Zaka Syahdana, Galuh Pramita, Fera Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.