ANALISIS MOMEN REL GONDOLA MENGGUNAKAN APLIKASI SAP2000

Radja Radja, Dian Pratiwi

Abstract


Gondola merupakan alat bantu bagi pekerja dalam pembersihan gedung tinggi, perbaikan gedung, pengecetan dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan ketinggian. Pemilihan material dan pembebanan yang cermat adalah elemen kunci dalam perencanaan pembuatan rel gondola yang sukses. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dengan hati-hati, ahli struktur dapat membantu memastikan bahwa sistem kereta gantung atau gondola beroperasi dengan aman dan efisien. Perencanaan pembuatan rel gondola melibatkan serangkaian tahapan penting, termasuk pemilihan material dan pembebanan yang tepat. Spesifikasi gondola di Lampung City Superblock menggunakan permanent sytem motorized mobile slewingsingle arm rotator cross bar on doubele rail.  Pada analisis momen ini dilakukan pada rel gondola. Rel gondola merupakan dua besi IWF yang dipasang pada pedestal sebagai alat landasan dasar jalan gondola. Pada studi khusus ini membahas tentang analisis momen rel gondola dengan  menggunakan aplikasi SAP2000 di kode area C1 sampai C6 di lokasi rooftop. Dalam analisisi ini terdapat beberapa langkah menganalisis pembebanan pada rel gondola menggunakan aplikasi SAP2000. SAP2000 merupakan software teknik sipil yang digunakan untuk menganalisa kekuatan struktur pada bangunan. Sebelum masuk pengaplikasian di aplikasi SAP2000 penulis mengambil data yang diperlukan untuk menganalisis pembebanan pada rel gondola, datanya berupa Shopdrawing gondola. Berdasarkan analisis momen maksimum pada pedestal adalah 65 dan momen minimum pedestal adalah -128 ssedangkan momen maksimum IWF adalah 1813,6 dan momen minimum IWF adalah -1877,2


Full Text:

PDF 18-23

References


ASTM International (2003) ‘Concrete Aggregates 1’, 04.

Al Fadli, M., Nur’aini, C. and Thamrin, H. (2019) ‘Desain Superblock Mixed Use (Apartemen, Mall, RentalOffice) di Medan dengan Konsep Arsitektur Ekologis’, Jurnal UMJ, 3(1), pp. 89–94.

Husen, A. (2011) Manajemen Proyek.

Institute, A.C. (2011) ‘ACI 214R-11: Guide to evaluation of strength test results of concrete’, in.

Presiden Republik Indonesia (2021) ‘Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah’, Republik Indonesia, (086130), pp. 1–47.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i01.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Radja Radja, Dian Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.