PERHITUNGAN PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN SIMPANG KORPRI PURWOTANI

Sihol Pardomuan Tambunan, Dian Pratiwi, Fajar Dewantoro

Abstract


Proyek pembangunan jalan Simpang Korpri Purwotani akan melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan yang cukup besar dan sangat mustahil dilakukan secara manual. Sehingga pada proyek pembangunan jalan Simpang Korpri Purwotani ini sudah seharusnya menggunakan bantuan alat berat seperti Vibratory Roller, grader. Alat berat tersebut dipilih karena bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mengkombinasi alat-alat tersebut, agar selesai sesuai dengan waktu dan biaya yang optimal. Kombinasi alat berat merupakan salah satu cara untuk menentukan alat berat yang akan dipakai. Pekerjaan proyek pembangunan jalan Simpang Korpri Purwotani membutuhkan beberapa kombinasi alat berat untuk menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas alat berat berupa grader, vibratory roller dan truck mixer yang ada pada proyek pembangunan Jalan Simpang Korpri Purwotani. Berdasarkan hasil perhitungan analisis alat berat Grader produktivitas alat dalam perhari yaitu 856 m3/hari, lama waktu yang dibutuhkan 11 hari dan alat yang dibutuhkan berjumlah 2 unit. Analisis alat berat vibratory roller produktivitas alat dalam perhari yaitu 607,04 m3/hari, lama waktu yang dibutuhkan 5 hari dan alat yang dibutuhkan berjumlah 2 unit. Analisis alat berat Truk Mixer produktivitas alat per hari 30,5040 m3/hari, untuk mobil yang di butuhkan dalam 1 jalur yaitu 235 mobil truk mixer.


Full Text:

PDF

References


Apriliansyah, A., & Gunawan, G. (2019). Pelaksanaan Pekerjaan Jalan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 3 No 3, 31-41.

Badan Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2003). Perencanaan Pekerjaan Jalan Beton Semen. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.

Departemen Pekerjaan Umum. (1971). Peraturan Beton Bertulang, Badan Penelitian dan Pengmbangan Departemen Pekerjaan Umum. Bandung.

Hadijah, I., & Harizalsyah, M. (2017). Perencanaan Jalan Dengan Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga. Jalan Raya, Metode Analisa Komponen Bina Marga, Perencanaan Jalan,, 140-146.

Hendarsin L, S. (2000). “Perencanaan Teknik Jalan Raya”. Bandung. 72

Jurnal SENDI, Vol: 03, No: 02, 67-73

Kaprina, A., Winarto, S., & SP, Y. C. (2018). Analisa Produktifitas Alat Berat Pada Proyek Pembangnan Pembangunan Gedung Fakultas Syariah. 1-11.

Martin, R. M., Arsjad, T. T., & Malingkas, G. (2018). Analisa Perhitungan Produktivitas Alat Berat Gali-Muat (Excavator) Dan Alat Angkut (Dump Truck) . 83-88.

Rezky, S. H., Wanim, R., & Retno, D. P. (2014). Analisa Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Proyek Perkerasan Jalan Kebun Durian-Gunung Sahilan-Gunung Sari Kabupaten Kampar. 1-22.

Supit, D. D. (2020). Analisa Produktifitas dan Efidendi Alat Berat Untuk Pekerjaan Tanah, dan Pekerjaan Berbutir. 906-917. Syahrul, Nurjaman, H. N., & Suryani, F. (2016). Analisis teknis dab Evakuasi Kelayakan Pembangunan Jalan. 25-41.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i02.2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sihol Pardomuan Tambunan, Dian Pratiwi, Fajar Dewantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.