ANALISIS KERUSAKAN JALAN PADA RIGID PAVEMENT DI JALAN R.A BASYID BANDAR LAMPUNG

Yeyen Farida Komala Sari, Galuh Pramita, Fera Lestari, Bertarina Bertarina

Abstract


Volume lalu lintas merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan jalan selain dari konstruksi jalan itu sendiri. Perkerasan kaku atau rigid pavement sering digunakan pada jalan yang mempunyai beban lalu lintas besar dan lalu lintas yang padat pada.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui volume lalu lintas yang meliputi jalan tersebut serta mengetahui kerusakan yang terjadi pada perkerasan kaku di jalan R.A Basyid Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan pada tiga segmen jalan yang memiliki jenis perkerasan kaku. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka didapat hasil Nilai Kerusakan (Nr) pada ruas Jl. R.A Basyid  didapatkan nilai terbesar terdapat di segmen 1 arah selatan utara dengan nilai 127 sedangkan Nilai Kerusakan (Nr) pada ruas Jl. R.A Basyid  terkecil terdapat di segmen III dengan nilai 92.

 


Full Text:

PDF

References


Fadhilah, N. (2013). Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat . 106.

Hasibuan, D. S. (2018). Analisis Kerusakan Jalan Pada Lapisan Jalan Perkerasan Rigid Dengan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index).

Lubis, I. T. (2021). Pengaruh Volume Kenderaan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Jalan Rigid Pavement Di Kota Medan . 75.

Mantulangi, L. U. (2016). Tinjauan Kerusakan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Jalan Brigjen Piola Isa Dan Tinaloga).

Munawar, A. (2004). Manajemen lalu lintas perkotaan. Manajemen lalu lintas perkotaan.

Nugroho, A. (2012). Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Jalan Dengan Menggunakan Metode Analisis (Studi Kasus Ruas Jalan Rembang-Bulu).

Prasetyo, A. Y. (2017). Analisis Dampak Kerusakan Jalan Terhadap Pengguna Jalan Dan Lingkungan Di Jalan Raya Gampeng, Kediri Jawa Timur. .

PUPR, D. (2020, 7 9). Dinas PUPR Banda Aceh. Diambil kembali dari https://dinaspupr.bandaacehkota.go.id/2020/07/09/struktur-perkerasan-jalan-beton-rigid-pavement/

Purnomo, D. (2012, 2 4). Smartzone. Diambil kembali dari http://pinterdw.blogspot.com/2012/02/klasifikasi-jalan-menurut-wewenang.html?m=1

Studio, A. (2020). Pengertian Jalan dan Jenis-jenis Jalan yang ada di Indonesia. Diambil kembali dari Arsitur Studio: https://www.arsitur.com/2017/09/pengertian-jalan-dan-jenis-jenis-jalan.html?m=




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v3i02.2413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yeyen Farida Komala Sari, Galuh Pramita, Fera Lestari, Bertarina Bertarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.