ANALISIS TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN DI PERLINTASAN SEBIDANG JALAN UNTUNG SUROPATI DAN JALAN KAMBOJA KOTA BANDAR LAMPUNG

Ivan Cahya Pratama, Fera Lestari, Galuh Pramita

Abstract


Tundaan dan panjang antrian kendaraan sangat terlihat jelas pada saat penutupan palang pintu kereta api di Kota Bandar Lampung, seperti perlintasan sebidang di Jalan Untung Suropati dan di Jalan Kamboja Enggal menyebabkan waktu yang diperlukan waktu mengantri untuk dapat melewatinya yang disebut tundaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui panjang antrian dan tundaan yang terjadi akibat penutupan palang pintu kereta api di perlintasan sebidang Jl. Untung Suropati dan Jl. Kamboja Kota Bandar Lampung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan penyajian data dilakukan dengan analisis deskripsi. Berdasarkan analisis data yang dilakuakn terhadap data yang didapat lama tundaan rata-rata yang terjadi pada Jalan Untung Suropati sebesar 838,87 detik. Dan besar lama tundaan rata-rata yang terjadi pada Jalan Kamboja Enggal sepanjang 192,975 detik. Panjang Antrian rata-rata yang terjadi pada Jalan Untung Suropati sepanjang 83,375 meter. Besar nilai panjang antrian rata-rata yang terjadi pada Jalan Kamboja Enggal sepanjang 53,046 meter


Full Text:

PDF

References


Desutama, R., (2007) Jalan Arteri Primer, Politeknik Negri Bandung, Bandung.

Direktorat Jenderal Bina Marga (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum.

Duror Anasik Marta Widha Dinata, (2019) Pengaruh Penutupan Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Ruas Jalan.

Kementrian Sekertariat Negri Republik Indonesia 2007. Undang-undang No.23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. Kemensekneg RI. Jakarta.

M. Yasir Rahimya, (2017) Pengaruh perlintasan sebidang jalan M.T Haryono Dengan Rel Kereta Api Terhadap Karakteristik Lalu Lintas.

Noffi Anisyah Pebrianti (2016). Dampak Tundaan Pada Pengoperasian Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Di Jalan Timoho Yogyakarta Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak.

Novrizal, (2019) Hubungan Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Komsumsi Bahan Bakar Akibat Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api.

Purnomo 2012 Pendekatan Pemecahan Masalah. (Online). (http://eprints.uny.ac.id diakses 20 Januari 2016).

Robertson, H.D 1997. Transportation Planning and Traffic Enginer. Headline Group.

Zam’aliani Marpuang, (2019) Analisa Panjang Antrian Akibat Palang Pintu Kereta Api Studi Kasus Jalan Kapten Muslim Kota Medan.




DOI: https://doi.org/10.33365/sendi.v4i01.2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ivan Cahya Pratama, Fera Lestari, Galuh Pramita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL SENDI
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/tekniksipil/index
E : Jsendi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

 

Creative Commons License
Jurnal SENDI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.