SISTEM MEDIA PEMBELAJARAN IPS SUB MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM JARINGAN PADA SISWA MTS GUPPI NATAR SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN

ikbal yasin, Qorie Indiro Shaskya

Abstract


Penggunaan e-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar, diharapkan dapat meningkatkan daya serap dari siswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, meningkatkan kualitas materi pendidikan dan pelatihan, meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, memperluas daya jangkau proses belajar-mengajar dengan menggunakan jaringan komputer tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Proses belajar mengajar di MTs Guppi Natar antara guru dengan siswa dilakukan secara tatap muka secara langsung didalam ruangan kelas dan guru menjelaskan materi pelajaran. Ketika guru tidak dapat hadir untuk mengajar maka proses belajar mengajar tidak terjadi, begitupun ketika siswa tidak dapat hadir karena berhalangan maka siswa tersebut tidak  mendapatkan materi pembelajaran. Dan ketika guru piket menggantikan guru yang tidak hadir proses pembelajaran pun dibatasi karena waktu yang tersedia terbatas sehingga guru tidak dapat menjelaskan materi yang diberikan sesuai silabus dan materi yang didapat oleh siswa belum maksimal.

Karena belum optimalnya sistem pembelajaran di MTs Guppi Natar maka perlu dibuatkan solusi dengan membuat sitem media pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan metode prototyping. Hasil dari pengujian penelitian ini untuk merancang dan mengimplementasikan sistem media pembelajaran dalam jaringan agar dapat membantu proses belajar mengajar lebih efektif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ikbal yasin, Qorie Indiro Shaskya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.