SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG)

Wahyuni Dinasari, Arief Budiman, Dyah Ayu Megawaty

Abstract


Sistem absensi guru pada SD Negeri 3 Tangkit Serdang sudah menggunakan mesin fingerprint yang datanya disimpan di dalam server sekolah. Berdasarkan hasil dari wawancara oleh admin/operator dan guru ditemui beberapa masalah saat ini yaitu sering terjadinya gangguan/error pada server yang mengalami perbaikan sehingga tidak bisa diakses oleh admin dan menghambat untuk membuat laporan absensi guru. Kemudian penyimpanan data absensi pada mesin fingerprint menggunakan microsoft access membuat penyimpanan database terbatas menyebabkan overload, sehingga terjadi error pada mesin fingerprint. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Prototype dan perancangan sistem menggunakan perancangan sistem UML, agar penelitian ini tidak bersifat subjectif maka penulis juga menggunakan metode penelitian berupa pengamatan, wawancara, dokumentasi dalam absensi guru. Hasil yang dicapai adalah sistem informasi manajemen absensi guru berbasis online ini jika terjadi masalah pada server dikarenakan terjadinya gangguan/error dan overload. Sistem yang dibangun menghadirkan informasi seputar kegiatan guru yang ada disekolah yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, serta sistem akan menghasilkan laporan absensi guru secara periode (perhari, perminggu, perpriode/bulan) karena tidak perlu lagi merekap absensi secara manual dengan menggabungkan data dari website fingerprint dengan kertas absensi. Hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 13 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 98.69%.

Kata Kunci: Absensi, Sistem Informasi Manajemen, Absensi Guru, ISO 25010

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ismanto, “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Sukoharjo),” J-Intech, P. 1, 2010.

H..Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Setiawan, “Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web,” J. Swabumi, Vol. 6, No. 2, Pp. 184–189, 2015.

F. Andini, M. Irzal, And R. Arafiyah, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Absensi Online Berbasis Androd Di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta,” J. Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–10, 2017.

R. Mcload, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2017.

J. A. Stoner, Sistem Informasi Manajemen. Dalam E. Rochaety, Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

N. R. Santoso, “Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas:Studi Kasus Politeknik Negeri Tahan Kalimantan Selatan,” J. Integr., Vol. 8, No. 1, Pp. 84–91, 2017.

Purwanto And Lindawati, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Sma Negeri 15 Tangerang Berbasis Web,” P. 44, 2014.

Djamarah And Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rineka Cipta, 2016.

A. M. Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada., 2012.

R. Dan Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. 2018.

Alfian, “An Application Of The Iso / Iec 25010 Standard In Of An Online Health Awareness System,” Ijsn, Vol. 5, No. 77, Pp. 9–13, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wahyuni Dinasari, Arief Budiman, Dyah Ayu Megawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.