ANALISIS KINERJA WEBSITE PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung)

Reifco Harry Farrizqy, Dyah Ayu Megawaty, Ryan Randy Suryono

Abstract


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Lampung merupakan salah satu organisasi perangkat daerah di Provinsi Lampung yang menerapkan sistem pelayanan satu pintu sebagai instansi dinas yang khusus bertugas memberikan pelayanan mengenai perizinan yang langsung bersinggungan kepada masyarakat. Permasalahan yang masih tejadi sekarang ini yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan teknologi dan masih banyak yang belum mampu mengoperasikan aplikasi SiCantik Cloud. Hal ini meyebabkan proses pembuatan perizinan masih berjalan lama. Padahal, dengan adanya aplikasi tersebut akan memudahkan karyawan pemerintahan dalam meng-input data secara tepat dan cepat. tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel usability quality (X1), information quality (X2), serta variabel service interaction quality (X3) terhadap kepuasan pengguna website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung. Berdasarkan kegiatan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Usability quality (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction (Y), Information quality (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction (Y), Service Interaction Quality (X3)berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction (Y), Usability quality (X1), Information quality (X2) , Service Interaction Quality (X3)berpengaruh secara bersama – sama (simultan) terhadap user satisfaction (Y).

Full Text:

PDF

References


Ade Irmayanti, Rahmat Hidayat, Endah Rahmawati (2021), Analisis Kualitas Website Kabupaten Lamandau Menggunakan Webqual 4.0

Aditya Gusti Mandala Putra & Dinan Yulianto (2022), Evaluasi Laman Penerimaan Mahasiswa Baru dengan WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis

Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. 2016. Buku Ajar Statistika Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnes, SJ dan Richard Vidgen. 2003. Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. ISSN 0263-5577.

Bisri, M.H.,& Asmoro, B.T. 2019 . Etika Pelayanan Publik Di Indonesia.Journal Of Governance Innovation: Malang. ISSN:2656-6273

Dalimunthe N, Karina T, Adawiyah A et al (2019). Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 184-190 5 (2)

Djusar, S., Sadar, M., & Asril, E. (2020), Evaluasi Kualitas Layanan Website Menggunakan Webqual 4.0 (Studi kasus: Madrasah Aliyah Syamsul Huda Kedungreja)

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/presiden-jokowi-buka-musrenbangnas- 2022 https://dpmptsp.lampungprov.go.id/

Harry, Bali Kusuma, Hanifah Muslimah Az-Zahra (2019), Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Kasmir.(2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 63 Tahun 2003 tentang Pola Penyelenggaraan Pelayanan Publik. 2003. Jakarta Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2017 tentang Sembilan Prinsip Kualitas Pelayanan Publik

Sinambela, Lijan Poltak dan Sarton Sinambela . 2021. Metodologi Penelitian Kuanitatif - Teori Dan Praktik. Depok: Rajawali Pers

Pamungkas,2019, Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (IPA), Jurnal Teknokompak Vol 13, No 1 (2019)

Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Pasal 14 UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 15 UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Tolok Ukur Pedomanpenyelenggaraan Pelayanan Dan Acuan Penilaian Kualitas Pelayanan

Rahmadana, Muhammad Fitri, dkk. 2020. Pelayanan Publik. Medan: Yayasan. Kita Menulis.

Rosyadi, M.A., Indartono. K. 2020. Evaluasi Kualitas Layanan Website Menggunakan WebQual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi kasus: Madrasah Aliyah Syamsul Huda Kedungreja). Jurnal Imiah Komputer Grafis 14(1), 1-13

Singgih Santoso.2020.Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (mixed Methods). Penerbit Alfabet: Bandung.

Tjiptono. 2019. Service Manajement layanan prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS)




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reifco Harry Farrizqy, Dyah Ayu Megawaty, Ryan Randy Suryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.