PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA APOTEK SHAQEENA UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN BERBASIS ANDROID

aditya hidayat, Nirwana Hendrastuty, Setyawati Setyawati

Abstract


Apotik Shaqeena merupakan toko penjualan alat kesehatan seperti obat-obatan yang terletak di wilayah Lampung. Proses penjualan yang berjalan telah menggunakan aplikasi Microsoft Excel namun Apotik Shaqeena kurang memahami kebutuhan dan kebiasaan berbelanja pelanggan  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype  dan akan diimplementasikan menggunakan PHP dan MySQL. Sistem ini akan diuji menggunakan metode ISO 25010. Hasil penelitian ini adalah sistem untuk memprediksi penjualan dengan algoritma apriori yng dapat mempermudah dalam menemukan penjualan frekuensi untuk menentukan rekomendasi promosi produk yang efektif dengan memanfaatkan data penjualan yang diolah lebih lanjut sehingga menghasilkan informasi barang yang selalu diminati oleh pelanggan untuk dapat disediakan oleh Apotik Shaqeena. Hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 5 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 91.64%.

Kata Kunci : Prediksi Penjualan, Algoritma Apriori,  PHP, Prototype dan ISO 25010


Full Text:

PDF

References


A. Patombongi, “Implementasi Aplikasi Data Mining Pada Apotek Kimia Farma Bahteramas Menggunakan Algoritma Apriori,” Sist. Inf. Dan Tek. Komput., Vol. 2, No. 1, Pp. 87–95, 2017.

H. Kusumo, E. Sediyono, And M. Marwata, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,” Walisongo J. Inf. Technol., Vol. 1, No. 1, P. 49, 2019, Doi: 10.21580/Wjit.2019.1.1.4000.

P. Iswandi Et Al., “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Tata Letak Barang,” Vol. 6, No. 1, Pp. 70–74, 2020.

Moh.Sholik And A. Salam, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mencari Asosiasi Barang Yang Dijual Di E-Commerce Ordermas,” Techno.Com, Vol. 17, No. 2, Pp. 158–170, 2018.

W. Choiriah, S. Informasi, S. Informasi, And U. L. Kuning, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Assiciation Pendahuluan Perkembangan Teknologi Komputer Mengakibatkan Hampir Seluruh Aktivitas Kehidupan Manusia Menggunakan Bantuan Komputer , Hal Ini Berdampak Pada Peningkatan Data Komputer Secara Dalam Operasio,” Vol. V, No. 2, Pp. 193–198, 2019.

A. Abran, R. E. Al-Qutaish, J.-M. Desharnais, And N. Habra, “Iso-Based Models To Measure Software Product Quality,” Softw. Qual. Meas. – Concepts Approaches, Pp. 61–96, 2018.

A. . Rosa And M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Software Engineering. Bandung: Informatika, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 hidayat, Hendrastuty, Styawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.