SISTEM INFORMASI E-LETTER UNTUK MENGELOLA SURAT KETERANGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA KANTOR DESA KELAU LAMPUNG SELATAN

Ana Loria, Ade Putra, Damayanti Damayanti, M.Ghufroni An'ars

Abstract


Desa Kelau merupakan desa yang berada di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan wawancara Kepala Desa menghasilkan kesimpulan. Pelayanan surat menyurat dilakukan secara langsung. Pada pengajuan surat menyurat di Kantor Desa Kelau dalam pengurusan membuat surat hanya dikerjakan oleh seorang aparat, sehingga pembuatan surat tersebut memakan waktu yang lama. Selain itu terkadang Kepala Desa tidak ada di kantor desa dikarenakan sedang ada kegiatan atau rapat dinas sehingga Masyarakat harus menunggu jika ingin meminta tanda tangan untuk surat keterangan yang telah di ajukan. Dengan adanya permasalahan yang dialami oleh Masyarakat maka perlunya sistem pelayanan pengajuan surat berbasis web yang mudah di akses tanpa harus menginstall dan tanpa harus memperhatikan device dari pengguna. Selain itu pengajuan surat berbasis web ini Masyarakat tidak perlu menunggu lama dalam pengambilan surat keterangan yang telah diajukan tersebut karena sudah di tanda tangani oleh Kepala Desa melalui Operator Desa. Penelitian ini menggunakan prototype sebagai metode pengembangan sistem dan menggunakan ISO 25010 untuk pengujiannya. Hasil yang dihitung dari pengujian yang dilakukan menghasilkan persentase 100% dalam hal fungsional, yang menunjukan bahwa sistem telah “Sukses” menurut fungsinya, serta dalam hal aspek kemudahan pengguna menghasilkan 99% yang menunjukan bahwa sistem telah “Disetujui”.


Full Text:

PDF

References


Ade Suryadi, Y. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Desa Karangrau Banyumas). Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Ahmad Ridwan Atmala, S. R. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Menyurat Di Kementerian Agama Kabupaten Kampar. Jurnal Intra Tech.

Arifin, W. (2018). Analisis Penggunaan Framework Bootstrap pada Desain Halaman Web. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Muhammad Saed Novendri, A. S. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai Menggunakan Php dan MySQL. Lentera Dumai.

Reksa Guntari, R. S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Di Desa Tanjung Kamuning. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Garut.

Santoso, B. (2018). Peran E-Letter dalam Mempercepat Proses Bisnis. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi.

Saputra, H. (2018). Analisis Framework Laravel dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surat. Jurnal Informatika Mulawarman.

Sukamto, S. M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revi). Bandung : Informatika Bandung.

Sumiati. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan Kearsipan Pada Sekretariat Daerah Provinsi NTB Berbasis Web.

Sunarti, F. (2018). Analisis Kinerja MySQL dan PostgreSQL Sebagai Basis Data. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIKA.

Utomo. (2016). Bikin Sendiri Toko Online Dinamis Dengan Bootstrap dan PHP. Yogyakarta : MediaKom.

Yudhanto. (2016). Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. . Jakarta : PT Alex Media Komputindo.

Yusuf Bagus Anggara, S. J. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Pengadilan Tinggi Surabaya. JSIKA.

S. Setiawansyah, “Kombinasi Pembobotan PIPRECIA-S dan Metode SAW dalam Pemilihan Ketua Organisasi Sekolah,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 32–40, 2023.

A. Hafiz, “Permodelan Sistem Penjualan Mobil Bekas Menggunakan Web Engineering,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Loria, Putra, Damayanti, An'ars

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.