IMPLEMENTASI METODE AIDA DALAM PENGEMBANGAN WEBSITE SEBAGAI PENINGKATAN PROMOSI PRODUK MAKANAN UMKM PUDING HAYU

Mardha Ariyani, Ade Surahman, Suaidah Suaidah, Agus Wantoro

Abstract


Puding Hayu merupakan salah satu produk rumahan yang dicetus oleh ibu rumah tangga sebagai pengganti waktu luang. Produk yang telah dihasilkan tidak dapat dipromosikan dengan baik serta terkendala oleh teknologi yang pesat saat ini menjadi masalah dalam keberlangsungan UMKM Puding Hayu. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menuntut pelaku UMKM untuk selalu mengikuti perkembangan pasar terutama dalam bidang promosi. Dengan permasalahan tersebut sangatlah penting dalam membuat promosi dengan menerapkan Metode AIDA. Metode yang digunakan adalah Metode AIDA yang terdiri dari empat fase yaitu Attention, Interest, Desire dan Action yang diterapkan dalam promosi serta pada sistem. Pengujian pada sistem ini akan menggunakan pengujian Black Box dan pengujian ISO 25010 dengan menggunakan sub-karakteristik functionality dan usability. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang telah dilakukan bahwa semua fitur dapat berfungsi dengan baik. Kemudian berdasarkan pengujian ISO 25010 dengan menggunakan karakteristik fungsionality diperoleh persentase 100% dan karakteristik usability dengan rata-rata persentase 95,1% sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai persentase yang diperoleh menunjukkan skala “sangat baik”.


Full Text:

PDF

References


Nofyat, A. Ibrahim, and A. Ambarita, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate,” 2018.

W. A. Nugroho, “Studi Tentnag Media Sosial Terhadap Pengembangan UKM Melalui Keunggulan Bersaing dan Implementasi Model A.I.D.A. Pada UMKM pangan di Kota Semarang,” DIPONEGORO J. Manag., vol. 8, no. 4, pp. 152–165, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” 2018.

N. Agustina and E. Sutinah, “Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 76–82, Mar. 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.1008.

D. Virgioni, R. R. Manullang, and F. Panjaitan, “Analisis Pengaruh Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Periklanan; Studi Kasus Pada PT. Tommindo Inti Prima Pangkalpinang,” J. Progresif Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 83–92, 2020.

W. P. Aprileoni et al., “Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bojongpicung,” J. Comm-Edu, vol. 3, no. 3, pp. 2615–1480, 2020.

N. Wardaningrum, T. Handoko, and S. Wijiastuti, "Dapak Penggunaan Media Sosial Dengan Pendekatan Model AIDA Pada Kinerja UMKM," Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 19, no. 3, pp. 142-151, 2022.

B. Ega Evania, R. Kastaman, and T. Pujianto, "Penggunaan Media Sosial Dengan Pendekatan Model Aida Bagi Roti Bund Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen," Jurnal Bisnis, vol. 5, no. 2, 2021.

A. Wahyudi, A. Surahman, and N. Sivi, "Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model Dan 3D Objek," Jurnal Informatika, vol. 6, no. 1, 2021.

M. Daheri, J. Juliana, D. Deriwanto et al., "Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring," Jurnal Basicedu2, vol. 4, no. 4, pp. 775-783, 2020.

M. Qurthuby, A. Alhifni, and S. Muhlisin, "Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak-Sukabumi)," Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 7, no. 1, pp. 17-39, 2019.

D. Carollina, Y. Angkawijaya, and V. Abednego, "Analisis 'AIDA' Pada Konten Instagram "MADAMIE GIE" Terhadap Minat Beli Konsumen," vol. 2 no. 2, 2022.

T. Hidayat, M. Muttaqin, "Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online Menggunakan Black Box Testing Dengan Metode Equivalence Partitioning Dan Boundary Value Analysis," Jurnal Teknik Informatika UNIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252-5351, 2018.

M. S. Lamada, A. S. Miru, and R. Amalia, "Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010," Jurnal MediaTIK, vol. 3, no. 3, 2020.

M. Fadly, S. Suaidah, and D. Alita, "Optimasi Pemasaran UMKM Melalui E-Marketing Menggunakan Model AIDA Pada Miss Mojito Lampung," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 416-422, 2021.

A. Sugiyardi, Affan, and Y. E. Pramanta, "Pengaruh Metode AIDA Terhadap Keputusan Konsumen Pada Dealer Honda Sinar Baru," Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan2, vol. 3, no. 2, 2018.

S. Afiffah, O. Fortuna, and T. Kusumah et al., "Penerapan Strategi Digital Marketing Model AIDA Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Cakrawala, Rwalumbu, Kota Bekasi," Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia2, vol. 2, no. 2, pp. 623-630, 2022.

A. Nurhidayati, A. Hapsari, and K. Umam et al., "Efektivitas Promosi Di Media Sosial Pada Keputusan Pembelian Di Gallery DEWEW Collection Berdasarkan Model AIDA," Jurnal Ekonomi, vol. 16, no. 1, pp. 1-28, 2020.

M. Huda, A. Prasetyo, and S. Tinggi et al., "Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada UMKM Di Kabupaten Kebumen," Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, vol. 8, no. 2, 2020.

T. Windyaningrum, V. Ariyani, and D. Kurniawati, "Pemanfaatan Facebook Untuk Pemasaran Produk Usaha Jahit Rumahan Kota Madiun Berbasis Model AIDA," Jurnal Widya Warta, no. 2, 2019.

S. Setiawansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 54–62, 2022.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Mardha Ariyani, Ade Surahman, Suaidah Suaidah, Agus Wantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.