SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOST PUTRA TRISULA BERBASIS WEB (STUDI KASUS : ASRAMA PUTRA TRISULA)

Wayan Darlin, Ade Dwi Putra, Nirwana Hendrastuty

Abstract


Asrama Putra Trisula merupakan tempat penginapan dengan konsep kost yang terletak di Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Senang, Pasar Untung dan telah memiliki 24 kamar kost dengan tipe yang sama hingga kelengkapan yang berbeda sehingga variasi harga perkamar dapat berbeda-beda.  Permasalahan pada proses pencatatan data penyewa kost maupaun pembayaran yang dilakukan secara manual yaitu disaat memeriksa data untuk penyewa yang sudah membayar dan belum membayar harus diperiksa satu persatu sehingga proses tersebut memakan waktu yang lama karena pemilik harus melalui sinkronisasi data antara buku catatan pembayaran dengan bukti pembayaran yang sudah dikirimkan oleh penyewa kamar. Masalah yang lain muncul adalah disaat ada keluhan atau pengaduan dari penyewa kamar terkait fasilitas kamar rusak atau hal yang lainnya sangat susah untuk dilakukan pencatatan dan pelaporan keluhan tersebut sehingga penanganan keluhan tersebut tidak optimal dilakukan oleh pemilik asrama. Proses pembuatan sistem informasi manajemen Kost Putra Trisula dilakukan dengan metode pengembangan sistem prototype yang terdiri dari tahap mendengarkan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pengguna, membangun atau merancang mockup sebagai cara untuk merancangan sistem usulan dan mengujia mockup dari sistem yang telah dibangun. Sistem yang dibangun menggunakan media web yang dilakukan dengan penerapan framework codeigniter dan dilakukan dengan konsep berupa model, view dan controller (MVC) sehingga menghasilkan sistem berorientasi objek. Sistem yang dihasilkan dapat digunakan oleh user admin dan penyewa, bagian admin dapat mengelola data kamar hingga laporan sedangkan penyewa dapat melihat detail kamar, melakukan sewa dan mengelola keluhan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada aspek functional suitability diperoleh hasil 100% fungsi telah sesuai dan berdasarkan aspek usability diperoleh 98,6% dengan kesimpulan sistem telah sesuai dengan keinginan pengguna.


Full Text:

PDF

References


R. A.S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung, 2019.

Khumaidah and R. Agung, “Sistem Informasi Manajemen Kost Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Pada Kost Griya Stonen),” Ilm. Cendekia Eksakta, vol. 1, no. 1, pp. 112–118, 2020.

M. Aldi, A. Ghiffari, I. B. Praptono, and H. Sagita, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Hunian Sewa Berbasis Website Pada Kos-Kosan Pondok Salma Designing Information Management System Website Based for Rental Housing on Pondok Salma,” vol. 7, no. 2, pp. 6106–6113, 2020.

M. A. Prasetya, G. Mahalisa, and M. D. Rosyadi, “Aplikasi E-Kost Dan Transaksi Pembayaran Kos Pada Kecamatan Banjarbaru Selatan Berbasis Web,” Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 19–22, 2020.

Y. Yusmaida, N. Neneng, and A. Ambarwari, “Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 68–74, 2020.

N. Luh et al., “Manajemen Informasi Rumah Kost ‘ Restra ,’” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 29–41, 2021.

J. A. Sianturi, I. N. Piarsa, and I. K. A. Purnawan, “Aplikasi Pencarian dan Penyewaan Rumah Kost Berbasis Web dan Android,” vol. 6, no. 3, pp. 192–203, 2018.

A. Budiman, L. S. Wahyuni, and S. Bantun, “Rumah Kos Berbasis Web ( Studi Kasus : Kota Bandar Lampung ),” J. Teknokompak, vol. 13, no. 2, pp. 24–30, 2019

A. D. Wahyudi, “Penerapan Metode Evaluation based on Distance from Average Solution (EDAS) Untuk Penentuan Ketua OSIS,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2022.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Wayan Darlin, Ade Dwi Putra, Nirwana Hendrastuty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.